SOLOPOS.COM - Camat Sawit, Yanuar Suseto memberikan sambutan saat acara Studi Komparasi Kampung Germas oleh Pemprov Gorontalo ke Desa Gombang, Kamis (21/7/2022). (Solopos.com/Nova Malinda).

Solopos.com, BOYOLALI – Sejumlah pegawai negeri sipil dari Provinsi Gorontalo, Sulawesi, melakukan studi komparasi Kampung Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) di Desa Gombang, Kecamatan Sawit, Boyolali, Kamis (21/7/2022).

Rombongan diterima Camat Sawit, Yanuar Suseto, dan jajarannya di Desa Gombang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Gorontalo, Nancy Pembengo mengatakan beberapa program atau kegiatan Desa Gombang cukup menginspirasi.

Penerapan Germas di Desa Gombang telah menggunakan 12 indikator. Programnya bernama Juwitha Abyudaya memperoleh penghargaan hingga tingkat nasional. Nancy berencana memasukkan program di Desa Gombang ke dalam program Germas provinsi Gorontalo.

“Ke depannya bisa kami adopsi untuk dilaksanakan di Gorontalo. Kami sudah melakukan hal tersebut hanya sifatnya masih parsial dan belum terintegrasi ” kata Nancy, Kamis (21/7/2022).

Baca juga: Punya Julukan Boyolali Tersenyum, Ini Maknanya

Desa Gombang, Kecamatan Sawit, Boyolali merupakan rintisan Kampung Germas yang diresmikan oleh Bupati Boyolali.

Dirintis sejak 2019, kampung yang berlokasi di Desa Gombang, Kecamatan Sawit, Boyolali, ini dinamai Germas Juwitha Abyudaya. “Desa Gombang menjadi salah satu Kampung Germas unggulan di Kecamatan Sawit,” kata Camat Sawit, Yanuar Susetyo.

Kampung Germas dibentuk untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di Desa Gombang. Pada prinsipnya, Kampung Germas Juwitha Abyudaya memberdayakan masyarakat dengan berpegang teguh pada nilai-nilai kearifan lokal.

Yanuar mengatakan terwujudnya Kampung Germas di Desa Gombang merupakan hasil kolaborasi bersama banyak pihak. Baik di lintas sektoral maupun lintas program.

Germas menjadi gerakan nyata dan berkesinambungan yang dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat di Desa Gombang. Sementara tujuan dari Kampung Germas Desa Gombang, di antaranya untuk memperbaiki kondisi lingkungan.

Baca juga: PROGRAM PEMERINTAH : Hari Ini, Presiden Jokowi Luncurkan Germas di Desa Tamanan, Bantul

Tujuan lain untuk mengubah perilaku ke arah yang lebih sehat, melalui pelaksanaan yang sistematis dan terencana oleh seluruh lini baik masyarakat, pemerintah, dan pihak yang bersangkutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya