SOLOPOS.COM - Ilustrasi bursa buku murah. (JIBI/Solopos/Antara/Destyan Sujarwoko)

Kampung Buku Jogja (KBJ) kembali hadir menyapa masyarakat

Harianjogja.com, SLEMAN--Kampung Buku Jogja (KBJ) kembali hadir menyapa masyarakat. Perhelatan yang sudah dua kali digelar tersebut akan berlangsung pada 4-8 Oktober 2017.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain jualan buku, juga ada kegiatan bedah buku, workshop, diskusi panel, dan orasi yang menghadirkan nama-nama besar di dunia sastra dan jurnalisme Indonesia.

Ekspedisi Mudik 2024

Ketua Panitia KBJ 2017, Arif Abdulrakhim mengatakan, KBJ tahun ini mengangkat tema Literasi dan Pasar Buku. Tema tersebut, sebutnya dimaksudkan untuk membuat diskusi kritis tentang perkembangan dunia literasi Indonesia, sekaligus melihatnya dari sudut pandang pasar buku terkini.

“Harapannya bisa menjadi ajang bagi peserta sekaligus pengunjung dan pengisi acara untuk melihat secara luas peta perbukuan tanah air. Peta itu bisa disaksikan mulai dari aspek paling awal, distribusi hingga sampai ke pembaca,” jelas Arif ketika dihubungi Rabu (27/9/2017).

Ia mengatakan, KBJ diadakan bukan hanya semata untuk forum jual beli buku, tapi sebagai tempat dimana buku dirayakan dan diapresiasi setinggi mungkin.
Untuk mendukung misi itu, Arif menyampaikan pihaknya telah mengundang beberapa pegiat buku, sastrawan, pemerhati media dan budayawan untuk berbagi wacana.

Ada banyak nama top yang dihadirkan, sebut saja Seno Gumira Ajidarma, Max Lane, Baskara T Wardana, Nezar Patria, Shindunata, Saut Situmorang, Nuran Wibisono, Landung Simatupang, Muhidin M. Dahlan dan lain-lain.

“Para pembicara akan membawakan materi-materi yang beragam, mulai dari sastra dan jurnalisme; jurnalisme dan media digital; literasi kebangsaan serta bedah novel sampai buku tentang sepak bola,” ujar Arif.

KBJ 2017 sendiri akan tetap digelar di Taman Kearifan-Kawasan Lembah dan Food Park Universitas Gadjah Mada (UGM). Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini perhelatan tersebut akan digelar selama lima hari.

Diikuti Lebih Banyak Penerbit Indie

Penanggung Jawab Penerbit Indie KBJ 2017, Eka Putra mengungkapkan, keikutsertaan penerbit indie dalam KBJ tahun ini mengalami pengingkatan cukup signifikan. Tahun pertama, katanya, hanya ada sembilan penerbit yang bergabung. lalu tahun kedua ada 22 dan kini ada 53 penerbit indie yang turut serta.

“Ada sekitar 300 judul buku indie yang siap beredar. Buku indie menjadi salah satu fenomena karena menghadirkan tema-tema nonmainstream, memiliki tampilan fisik yang unik dan tidak beredar luas di toko buku pada umumnya,” jelas Eka. Selain buku indie, buku-buku reguler dari penerbit besar juga akan tetap dihadir pada KBJ 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya