SOLOPOS.COM - kampung batik-ilustrasi

kampung batik-ilustrasi

 

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

 

Ekspedisi Mudik 2024

WONOSARI-Warga Padukuhan Bansari, Desa Kepek, Kecamatan Wonosari berhasil merintis Kampung Batik sejak tiga bulan terakhir. Pendirian kampung tersebut selain untuk melestarikan warisan nenek moyang juga untuk mengembangkan perekonomian warga setempat.

Penggagas Kampung Batik Bansari, Guntur Susilo, 38, mengungkapkan ide untuk mendirikan kampung tersebut mendapatkan respon positif dari warga setempat. Setiap hari Minggu, para warga tekun mempelajari batik di kelompok belajar yang mereka namakan Gendhis.

Menurut Guntur, semangat warga Bansari dalam mempelajari batik sangat besar. Meskipun pada awalnya mereka masih awam tentang batik, namun setelah tiga bulan warga mulai terampil membatik kain dengan corak-corak batik.

“Ada sekitar 25 orang yang kini ikut mempelajari seni batik di kelompok belajar Gendhis, semua alat disediakan secara swadaya oleh masyarakat setempat,” kata Guntur, Senin (11/2/2013).

Selain membatik motif, ungkap Guntur, warga juga tengah mengembangkan sebuah motif baru yang akan menjadi ciri khas dukuh Bansari, yaitu motif Cangkring. Menurut Guntur, motif ini terinspirasi dari nama dukuh Bansari sebelum diubah namanya. Sebelumnya, dukuh tempat mereka tinggal bernama dukuh Cangkring karena banyak tumbuh pohon cangkring yang bermanfaat sebagai tanaman obat.

“Ciri khas utamanya adalah bentuk batang pohon cangkring yang berduri,” papar Guntur.

Bahkan, untuk semakin membuat kampungnya terasa bernuansa batik, para pemuda melukis dinding-dinding fasilitas umum dan tembok-tembok warga dengan mural batik.

“Semua kembali dari warga, mereka yang menyediakan catnya, kami yang melukis,” imbuh Guntur.

Rencananya, bila semua sudah siap, wisatawan yang datang dapat belajar membatik pada warga dan mengenal sejarah batik serta berbelanja batik di desa wisata batik itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya