Kampanye Pilkada Solo: Bajo Akan Bangun Sektor Pariwisata Bernuansa Keraton
Pasangan Bagyo Wahyono (kiri) dan F.X. Supardjo (kanan) saat di Posko Pemenangan Bajo di Penumping, Laweyan, Solo, Jumat (24/7/2020). (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO -- Sektor pariwisata menjadi salah satu perhatian pasangan cawali-cawawali Solo, Bagyo Wahyono-FX Supardjo alias Bajo dalam program kampanye mereka.

Bajo bertekad membangkitkan sektor itu. Caranya bisa dengan optimalisasi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat sebagai daya tarik. Hal itu disampaikan cawali Bagyo Wahyono saat bersilaturahmi dengan puluhan driver ojek online (ojol) Solo, Minggu (18/10/2020) malam.

“Ayo bareng-bareng kita tata Solo. Pariwisata utamanya keraton dibangkitkan lagi, sehingga ojol juga ramai karena pariwisatanya ramai. Nanti kita bangun aset wisata, seperti spa sing ala keraton nganggo kembang dan sebagainya gitu,” terangnya.

Klaster Covid-19 Keluarga Asal Bumi Solo: Acara Ulang Tahun Bikin Rantainya Jadi Panjang

Aset penting lain sektor pariwisata Solo, menurut cawali dari pasangan Bajo itu adalah tata krama dan adab ketimuran yang merupakan warisan luhur bangsa.

Sebagai kota budaya, Solo harus mampu menunjukkan adab-adab ketimuran seperti sopan santun, toleransi, dan saling menghargai. Dengan begitu akan banyak orang yang ingin berkunjung merasakan nilai-nilai budaya timur yang tetap terjaga dengan baik.

Konflik Internal

Namun begitu, Bagyo juga menilai pentingnya penyediaan tempat-tempat destinasi wisata menarik dan fasilitas pendukungnya.

Dosen FH UNS Solo Meninggal Positif Covid-19, DKK Sukoharjo Lakukan Tracing Kontak

Ihwal konflik internal Keraton, ia mengakui butuh pendekatan khusus agar segera selesai. “Keraton saiki lagi panas-panase, insya Allah nanti Bajo akan berusaha mendamaikan semua pihak. Sehingga Solo bisa lebih kuncoro ke depannya,” imbuhnya.

Bajo ingin mendesain sektor pariwisata Kota Solo tidak hanya untuk bertahan saat ini atau beberapa tahun saja. Tapi sebisa mungkin pariwisata kota ini bisa bertahan puluhan tahun sehingga generasi penerus bisa ikut merasakannya.

50 Warga Sukoharjo Terjaring Razia Masker, Mayoritas Anak Zaman Now

“Kita bangkitkan budaya yang memang menjadi modal utama Solo untuk angkat sektor pariwisata. Tidak hanya pada masa kita saja, tapi bisa tetap hidup atau berkesinambungan ke generasi anak cucu kita. Ini butuh dukungan semua pihak,” paparnya.

Lebih jauh, Bagyo menyatakan ide dan gagasannya memajukan pariwisata Solo untuk kesejahteraan rakyat hanya bisa terealisasi bila Bajo terpilih menjadi wali kota dan wawali 2021-2024 pada Pilkada 9 Desember mendatang. Menurutnya, masih banyak gagasan lain untuk memajukan Solo.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom