SOLOPOS.COM - Perusahaan teknologi global Epson melanjutkan kampanye meningkatkan kesadaran terhadap pemanasan global melalui gerakan penghijauan Arktik. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Perusahaan teknologi global Epson melanjutkan kampanye untuk meningkatkan kesadaran terhadap pemanasan global melalui gerakan baru yang fokus pada masalah penghijauan Arktik.

Epson sudah melakukan kampanye meningkatkan kesadaran pemanasan global selama dua tahun berturut-turut. Selain kampanye tentang masalah penghijauan Arktik, Epson juga menyinggung bagaimana perusahaan dan konsumen dapat ikut berperan mengurangi dampak pemanasan global di lingkungan sekitar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kampanye ini didasarkan atas kampanye Epson sebelumnya yang diproduksi National Geographic CreativeWorks. Kampanye tahun lalu itu memenangkan Webby Award sebagai People’s Voice Winner dalam kategori konten media sosial yang didedikasikan untuk isu keberlanjutan, iklim, dan lingkungan.

Kampanye tahun ini, Penjelajah National Geographic dan ahli ekologi, Profesor Isla Myers-Smith, dari University of Edinburgh menguraikan penelitian mengenai bagaimana kenaikan suhu dan musim pemanasan mengarah pada fenomena penghijauan Arktik.

Selama hampir 22 tahun, Profesor Myers-Smith telah mempelajari dampak perubahan iklim di tundra Arktik. Beberapa tahun terakhir dia dan relasinya mengamati kecenderungan berbeda dengan pohon dan semak yang lebih mudah tumbuh di Arktik, di mana lapisan es mencair.

Baca Juga : Pabrik Printer Epson Transisi 100% ke Listrik Terbarukan Pakai Biomassa

Para ilmuwan memperkirakan lapisan es dunia akan mencair secara substansial pada tahun 2100. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Nature Reviews Earth & Environment pada Januari 2022 memperkirakan pencairan lapisan es dapat melepaskan 624 juta ton karbondioksida per tahun ke atmosfer.

Prof. Myers-Smith dan relasinya mempublikasikan studi terpisah di Nature Reviews Earth & Environment mengenai penemuan perubahan vegetasi tundra, termasuk peningkatan semak dapat memainkan peran penting dalam laju pencairan lapisan es.

Printer Epson EcoTank

Profesor Myers-Smith percaya bahwa sangat penting bagi masyarakat untuk memahami implikasi penghijauan Arktik dan bagaimana membuat perubahan kecil dalam kehidupan sehari-hari dapat memiliki efek positif terhadap lingkungan.

“Dari menghemat energi di rumah hingga bersepeda ke kantor dan mengonsumsi pangan lokal, kita dapat membuat perbedaan. Penting bagi kita untuk menyadari bagaimana pilihan kita berdampak pada lingkungan-di wilayah kita sendiri dan di seluruh planet,” tuturnya.

Baca Juga : Epson Raih Penghargaan Red Dot

Managing Director Regional Epson Asia Tenggara, Mr. Siew Jin Kiat, mengatakan bahwa Epson sedang bekerja sama dengan National Geographic CreativeWorks untuk tahun kedua dalam kampanye meningkatkan kesadaran masalah penghijauan Arktik.

“Keberlanjutan adalah inti dari semua yang kami lakukan. Kami berkomitmen mengurangi dampak lingkungan kami sendiri dan membantu pelanggan kami untuk dapat melakukannya juga,” ujarnya.

Dalam hal ini, Epson telah mempelopori berbagai produk printer dengan Teknologi Bebas Panas yang menggunakan energi sangat rendah. Selain itu, penggantian suku cadang yang lebih sedikit.

Kampanye Epson Asia Tenggara, Be Cool, mendorong masyarakat beralih ke printer EcoTank yang bebas panas. Teknologi tersebut menggabungkan teknologi sadar lingkungan dengan fitur yang efisien. Konsumen, katanya, dapat lebih produktif dalam mencetak.

Melalui kampanye ini, tuturnya, Epson berharap dapat mendorong perusahaan dan konsumen untuk membuat pilihan teknologi yang membantu mengurangi dampak karbon. Epson meyakini bahwa ini hanya salah satu dari banyak cara di mana konsumen dan perusahaan dapat membuat perubahan.

Baca Juga : Keren! 4 Produk Epson Memenangi Penghargaan IF Design Award 2022

Berikut ini keunggulan teknologi bebas panas:

Teknologi Bebas Panas Epson tidak memerlukan panas dalam proses pengeluaran tinta. Sebaliknya, tekanan diterapkan pada elemen Piezo sehingga mengurangi dampak lingkungan dan meningkatkan produktivitas tanpa batas.

Teknologi bebas panas memberikan empat manfaat:

  1. Konsumsi daya yang rendah menghemat energi dan uang
  2. Penggantian suku cadang yang lebih sedikit, dampak lingkungan yang rendah
  3. Hemat waktu dengan pencetakan berkecepatan tinggi yang sesuai
  4. Intervensi rendah meningkatkan produktivitas

Baca Juga : Begini Cara Epson Indonesia Bantu Majukan Dunia Pendidikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya