SOLOPOS.COM - Logo Partai Amanat Nasional (PAN). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Kampanye Partai Amanat Nasional (PAN) di Gedung Lestari Rahayu Kartopuran, Serengan, Solo, Sabtu (29/3/2014), diwarnai dengan aksi penolakan salah satu calon anggota legislatif (caleg) DPR dari Daerah Pemilihan (Dapil) V Jawa Tengah (Jateng). Penolakan tersebut didasarkan atas klaim caleg yang bersangkutan bahwa dirinya didukung oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan Ranting di Dapil V Jateng.

Kampanye PAN Solo dipusat di Serengan dengan menghadirkan Sekretaris Majelis Pertimbangan Partai (MPP) PAN Aswar Abubakar dan anggota DPR Muhammad Hatta, Sabtu Sore. Kampanye yang diikuti ratusan kader dan simpatisan PAN itu dibuka dengan orasi dari sejumlah caleg DPRD kota dari Dapil Pasar Kliwon-Serenga, seperti Hammi Mujadid Irsyad.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Saat juru kampanye nasional (jurkamnas) hadir, kampanye itu dipimpin Ketua DPD PAN Solo, Umar Hasyim, yang juga caleg DPRD kota dari Dapil Jebres. Umar mengenalkan caleg DPRD kota yang hadir kepada para jurkam, seperti Muh. Al Amin dari Dapil Laweyan dan Bekti Karebet dari Dapil Pasar Kliwon-Serengan.

Azwar Abubakar diberi kesempatan pertama untuk berorasi. Orasi Azwar lebih banyak berbicara tentang kinerjanya selama diberi amanah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Aswar menyatakan kehadirannya dalam kampanye itu bertepatan dengan hari libur kedinasan. Ia berangkat dari Malang menuju Solo dan rencana menginap semalam di Kota Bengawan.

“Lima tahun lalu dibuat UU untuk mengatur manajemen sumber daya alam (SDA). Saat itu SDA diekspor mentah-mentah tanpa pembagian yang wajar. Dengan aturan itu, SDA diwajibkan untuk diolah sebelum diekspor. Tenryata eskpor barang mentah berkurang. Freeport di Papua yang semula hanya memberi royalti 1% ternyata sekarang bisa memberi 5,3%, meskipun targetnya 10%. Semua itu butuh kecerdasan, kepahaman, dan keberanian. PAN sudah melakukan itu,” tandas Azwar.

Azwar juga menyinggung soal kebijakan tenaga honorer kategori II (K2) dan reformasi birokrasi. Sementara Muhammad Hatta lebih banyak memberi motivasi kepada para kader dan simpatisan PAN. Mereka diajak bernyanyi bersama-sama. Hal itu menjadi puncak acara kampanye sore itu.

Sebelumnya, Sekretaris DPC PAN Pasar Kliwon, Joko Sudarno, bersama tujuh pengurus ranting PAN di wilayah Pasar Kliwon dan Serengan menyatakan sikap menolak untuk mendukung salah satu caleg DPR PAN sendiri. Menurut dia, DPC dan Ranting di Pasar Kliwon-Serengan merasa tersinggung dengan pernyataan caleg tersebut yang mengklaim didukung semua DPC dan Ranting PAN di Dapil V Jateng.

“Selama ini, caleg itu hanya bertemu dengan DPD bulan lalu. Setelah itu, caleg itu tidak pernah berkomunikasi dengan kami. Bahkan untuk kegiatan-kegiatan kampanye di wilayah Pasar Kliwon dan Serengan sudah tertutup dan dikunci. Kami menghubungi yang bersangkutan pun tidak bisa. Berbeda dengan Muhammad Hatta. Kegiatan kampanye sekaran ini [kemarin] pun Muhammad Hatta turut andil 60%,” tandasnya.

Sementara, tiga partai lain yang juga mendapatkan jatah kampanye terbuka pada Sabtu itu memilih berkampanye tertutup. Sekretaris DPC Partai Demokrat Solo Supriyanto memilih menyebar lebih dari 5.000 lembar brosur sosialisasi di lima dapil. Pembagian brosur itu dilakukan dengan door to door dengan melibatkan tim kampanye dan para caleg.

Sekretaris DPC Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Solo, Kurnia Sari, juga menyatakan Partai Gerindra tak mengadakan kampanye terbuka karena ada perubahan jadwal kampanye yang mendadak dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo.

Demikian pula dengan Partai Golongan Karya (Golkar) Solo, Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Partai Golkar Solo, Taufiqurrahman, mengaku Partai Golkar tidak ada kampanye di Sabtu. Dia mengatakan Partai Golkar tentang menggelar jalan sehat pada Minggu (30/3) pagi. Padahal hari itu bukanlah jatah kampanye untuk partai berlambang pohon beringin itu. “Kami sudah mendapat izin dari KPU untuk tetap mengadakan jalan sehat,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya