SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Biaya kampanye partai politik peserta pemilu 2014 di Gunungkidul mencapai Rp9,4 miliar. Baiaya tersebut berdasarkan laporan dana kampanye partai dan caleg yang diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul.

Anggota KPU Gunungkidul Divisi Hukum dan Pengawasan Is Sumarsono mengatakan, Rp9.476.539.269 tersebut adalah jumlah dana kampanye semua partai dan caleg. Dana kampanye itu digunakan partai dan caleg sejak kampanye tertutup Februari 2013 hingga akhir kampanye terbuka awal April 2014.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

“Uang yang beredar dari partai politik dan caleg selama masa kampanye tertutup dan kampanye terbuka Rp9,4 miliar,” kata Is, Jumat (25/4/2014).

Is mengaku tidak memiliki kewenangan untuk menelusuri kebenaran materi laporan dana kampanye. KPU akan menyerahkan laporan tersebut untuk diaudit oleh akuntan publik apakah ada kesesuaian antara penggunaan dan yang dilaporkan. “Kalau tidak sesuai yang dilaporkan itu masuk pelanggaran administrasi nantinya,” ucap Is.

Anggota Panwaslu Gunungkidul Budi Haryanto mengatakan, pihaknya baru sebatas mendapatkan laporan dana kampanye partai dan caleg secara global dari KPU. Panwaslu belum memperoleh rincian penggunaan dana kampanye.

“Kita akan melihat dulu poin-poin penggunaan dana setelah itu baru kita membuat rekomendasi jika ada ketidaksesuaian,” ucap Budi.

Data KPU Gunungkidul semua partai politik sudah melaporkan batas akhir laporan dana kampanye tahap ketiga, Kamis (24/4/2014) kemarin, hanya partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) yang tidak melaporkan.
KPU tidak mengetahui alasan dari PKPI tidak melaporkan dana kampanye. Namun demikian karena PKPI tidak memiliki keterwakilan caleg dalam pileg 2014 sehingga tidak berimplikasi apa pun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya