SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Kapolri, Jenderal Pol. Sutarman, mengatakan ada tiga undang-undang yang bisa dikenakan dalam kasus Tabloid Obor Rakyat, yaitu undang-undang pers, undang-undang pemilu, dan KUHP.

Namun, Kabareskrim Polri, Komjen Pol. Suhardi Alius, mengatakan kasus ini tak lagi dapat dikenakan pasal UU pemilu karena habis masa waktunya dalam pemrosesan di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Promosi Wealth Management BRI Prioritas Raih Penghargaan Asia Trailblazer Awards 2024

“Mereka [Bawaslu] menyatakan kasusnya kadaluarsa. Saya menyesalkan Bawaslu tidak menggunakan amanat UU melalui sentra penegakan hukum terpadu [Gakkumdu],” jelas Suhardi, Selasa (17/6/2014).

Ekspedisi Mudik 2024

Suhardi mengatakan, pelaporan kasus yang berkaitan dengan pemilu seharusnya diproses melalui sentra Gakkumdu agar dapat terkoordinir dengan baik. Sehingga nantinya baik pihak Bawaslu dan kepolisian dapat menentukan jenis pelanggaran dan melakukan penindakan.

“Harusnya begitu ada laporan, diverifikasi. Ada sentra Gakkumdu yang sudah ada polisi dan jaksa di situ, kenapa enggak dilibatkan?” tambahnya.

Dia pun mengatakan bahwa pihak kepolisian yang bertugas di sentra Gakkumdu tak mengetahui perihal pengurusan kasus tabloid yang dibuat oleh Setyardi Boediono dan Darmawan Sepriyosa ini. “Tidak tahu sama sekali polisi yang di sentra Gakkumdu di sana, itu yang saya sesalkan juga. Artinya sistem belum berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Sebelumnya, Taufik Basari selaku kuasa hukum dari kubu Jokowi-JK, mendatangi Bareskrim Polri pada Senin (16/6/2014) untuk melaporkan Setyardi Boediono dan Darmawan Sepriyosa selaku dua orang yang mendalangi beredarnya Tabloid Obor Rakyat yang dinilai memojokkan Jokowi dan menyebarkan kebencian dengan unsur SARA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya