Tutup Iklan

Kampanye di CFD Solo, Pecinta Hewan Ungkap Kekejaman di Balik Menu Daging Anjing

Kampanye di CFD Solo, Pecinta Hewan Ungkap Kekejaman di Balik Menu Daging Anjing

SOLOPOS.COM - Saat aksi simpatik Dogs Are Not Food di Jl. Slamet Riyadi, Solo, Minggu (6/3/2016). (Dok/JIBI/Solopos)

Komunitas-komunitas pecinta hewan menggelar kampanye di CFD memprotes perdagangan daging anjing di Solo.

Solopos.com, SOLO -- Puluhan orang pencinta hewan yang tergabung dalam koalisi Dog Meat Free Indonesia (DMFI) menggelar kampanye melawan bisnis perdagangan daging anjing di area car free day (CFD) Jl. Slamet Riyadi, Minggu (25/2/2018) pagi. Mereka turun ke jalan untuk menyadarkan masyarakat tentang kekejaman di balik menu daging anjing, dan masalah kesehatan akibat mengonsumsinya.

Perwakilan komunitas Sahabat Anjing Solo dan beberapa organisasi perlindungan hewan tersebut melakukan longmarch menyusuri keramaian CFD dari depan Toko Candi Elektronik hingga MNC Bank. Selama berjalan ke arah barat, mereka berorasi menyerukan penghentian praktik perdagangan dan konsumsi daging anjing. Baca juga: Solo Surga Kuliner Gukguk, 1.200 Anjing Dibantai Setiap Hari.

Setelah sampai di depan gedung MNC Bank, puluhan masa aksi dari koalisi DMFI membentangkan kain panjang warna putih untuk penggalangan suara dari masyarakat. Mereka mempersilakan para pengunjung CFD untuk menandatangani kain tersebut jika mendukung gerakan setop perdagangan daging anjing. Baca juga: 7 Lokasi Jagal Anjing Dipasok dari Luar Solo.

Banyak pengunjung CFD yang menandatangai kain putih setelah menerima penjelasan dari para pegiat koalisi DMFI. Salah seorang pengunjung CFD, Yudha Erfana, 23, ikut mendukung gerakan setop perdagangan daging anjing. Saat membubuhkan tanda tangan, Yudha juga menyelipkan sebuah pesan, yakni “Biarkan mereka hidup!”. Dia menilai anjing adalah hewan peliharaan, bukan hewan konsumsi.

Yudha mengusulkan agar pemerintah menghilangkan jual beli makanan olahan daging anjing di Solo. “Di Solo ini kan marak yang jual makanan olahan daging anjing. Dari situ dulu lebih baik dibatasi atau ditiadakan. Kalau mereka sudah tidak ada lagi, penjagal otomatis kan berkurang atau bahkan hilang,” kata Yudha saat ditemui Solopos.com, Minggu.

Koordinator Aksi oleh Koalisi DMFI di Solo, Fredy Irawan, mengatakan pihaknya akan membawa kain yang telah ditandatangani masyarakat tersebut ke DPRD Kota Solo. Dia ingin membuktikan bahwa masyarakat juga mendukung perlawanan terhadap bisnis perdagangan daging anjing.

DMFI menuntut agar pemerintah segera membuat regulasi larangan jual beli daging anjing. Salah satu alasannya adalah menjaga kesehatan masyarakat dan mencegah praktik kekerasan terhadap anjing. Baca juga: Gara-Gara Lihat Kepala Anjing di Panci, Fredy Ogah Konsumsi Kuliner Gukguk Lagi.

“Saya dulu juga mengonsumsi daging anjing, tapi setelah tahu itu berbahaya dan salah, saya berhenti. Masyarakat jangan larut dengan mitos-mitos yang berkembang. Daging anjing memang mengandung protein tapi apa sepadan dengan risiko yang didapat jika mengonsusinya? Ada risiko cacing hati, cacing pita, dan rabies. Rabies ini bukan saja ditularkan dari gigitan, tapi juga dari daging anjing yang dikonsumsi,” jelas Fredy.

Berita Terkait

Berita Terkini

Tanda Tangan Kontrak Baru, Roberto Mancini Latih Timnas Italia hingga 2026

Pelatih tim nasional Italia Roberto Mancini telah menandatangani kontrak baru yang berlaku hingga Juni 2026.

Jegal Persik Kediri, Persis Solo Boyong Rivaldi Bawuo

Selain fasih sebagai winger kiri, posisi utamanya, Rivaldi dapat dimainkan sebagai winger kanan maupun penyerang tengah.

Setahun Lebih Pandemi Covid-19, Ini Hambatan Terberat Bagi Nakes Solo

Para tenaga kesehatan atau nakes di Kota Solo menghadapi banyak tantangan dan hambatan dalam menangani kasus Covid-19 selama pandemi.

Warga Solo Positif Covid-19 Dilarang Karantina Mandiri di Rumah, SE Terbit Hari Ini

Warga Solo yang terkonfirmasi positif Covid-19 meski tanpa gejala tidak boleh lagi menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing.

Latihan Lagi, Persis Ingin Lapangan di Solo

Persis perlu berkoordinasi dengan Bhayangkara Solo Football Club (BSFC) yang juga memakai Stadion UNS sebagai tempat latihan.

Temui Dubes Palestina, Ketum PBNU: Menurut Al-Qur'an, Israel akan Kalah

Said Aqil mengatakan NU telah menyatakan dukungan kemerdekaan dan kedaulatan Palestina sejak 1938.

Ini 5 Ekses Setuju Kebijakan Baru Privasi Whatsapp

Whatsapp seperti dibahas SAFE net secara resmi menerapkan kebijakan privasi baru mulai Sabtu (15/5/2021) lalu.

Balon Udara Meledak di Delanggu Klaten, Polisi Periksa 6 Orang Saksi

Polisi sudah meminta keterangan dari enam warga Dukuh Krapyak, Desa Sabrang, Delanggu, Klaten, terkait ledakan balon udara dengan petasan,

Pemudik Motor Wajib Rapid Test Antigen Acak saat Balik

Kemenhub bakal mengecek Covid-19 dengan rapid test antigen secara acak terhadap pemudik pengendara sepeda motor yang balik ke Jabodetabek.

Awas Licin! Belasan Sepeda Motor Berjatuhan Di Jalan Seputar Alut Keraton Solo

Belasan sepeda motor mengalami kecelakaan saat melewati jalan yang licin di seputar Alun-Alun Utara Keraton Solo pada Minggu dan Senin.

Gubernur Jateng Minta Seluruh RS Antisipasi Lonjakan Covid-19

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta semua rumah sakit di Jateng siaga potensi lonjakan kasus Covid-19 pasca Lebaran 2021.

Tahukah Anda? Tiap Zodiak Punya Bakat Terpendam!

Tahukah Anda, setiap pemilik tanda zodiak memiliki bakat terpendam yang mungkin bermanfaat untuk mengarungi kehidupan manusia.