SOLOPOS.COM - Ahmad Dhani dukung Prabowo-Hatta dalam Pilpres 2014 (JIBI/Solopos/Antara)

Solopos.com, SOLO – Masih ingat dengan lagu “Ojo Kuwi” ciptaan Ahmad Dhani? Lagu ini sempat heboh lantaran liriknya diduga ajakan untuk tidak memilih Jokowi. Kini lagu ini kembali diberbincangkan karena dianggap mirip lagu genjer-genjer yang identik dengan “Lagu PKI”

Lagu ini diduga tiruan “Genjer-genjer” yang dikenal sebagai “Lagu PKI”. Sejumlah pengguna sosial media mulai heboh dan mempertanyakan hal ini. Pasalnya dalam rentang waktu yang sama dengan keluarnya lagu, Jokowi diserang kampanye hitam yang menyebut dirinya menganut paham komunis.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sutradara Joko Anwar jadi salah satu yang mempertanyakan kempiripan “Ojo Kuwi” dengan “Genjer-genjer”. “Ahmad Dhani juga me-modif lagu Genjer-Genjer? … Kasian lagunya,” kicau Joko yang berada di balik akun @jokoanwar.

Stand up komedian Sammy Notaslimboy juga ikut menyindir Dhani. “Lagunya si @AHMADANIPRAST mirip Genjer-Genjer … Hehehe,” katanya.

Netizen lain ikut riuh membicarakan. ”siapa yg PKI hayoo? –> Dhani Diduga Jiplak Lagu “Genjer-Genjer” untuk Kampanye Prabowo – Yahoo Celebrity Indonesia,” kata @andhikasuswanto

“Maunya dianggap artis nyentrik/kontroversi…..jadinya malah norak RT Gubah `Genjer-Genjer` Ahmad Dhani Bikin Blunder ,” sahut @KicauSunyi

Dalam catatan Wikipedia, dikutip Solopos.com, Senin (30/6/2014), “Genjer-genjer” adalah lagu populer berbahasa Osing (Banyuwangi) yang diciptakan oleh seniman asal Banyuwangi, Muhammad Arief, pada tahun 1940-an.

Pada masa Demokrasi Terpimpin (1959-1966), Partai Komunis Indonesia (PKI) melancarkan kampanye besar-besaran untuk meningkatkan popularitas. Lagu ini, yang menggambarkan penderitaan warga desa, menjadi salah satu lagu propaganda yang disukai dan dinyanyikan pada berbagai kesempatan. Akibatnya orang mulai mengasosiasikan lagu ini sebagai “lagu PKI”.

Diberitakan Solopos.com, Jumat (20/6/2014),

Dhani dalam akun twitternya, Kamis (19/6/2014), membagikan lagu ciptaannya yang ditautkan di situs SoundCloud. Lagu ciptaanya ini bernada sindiran. Bertajuk “Ojo Kwui, Pilih No. 1”, netizen menganggap lagu ciptaan Dhani menyerang capres dari kubu berseberangan.

Lirik lagu ini cukup sederhana. Hanya berisi sejumlah kalimat saja sepeti Ojo Kuwi yang dalam bahasa Indonesia berarti Jangan Itu. Lalu Kuwi ngono ora biso rumongso… (Itu tidak bisa merasa)
Kuwi ngono rumongso biso… (Itu hanya merasa bisa).

Banyak yang beranggapan Ojo Kuwi yang dibuat Dhani identik dengan nama Jokowi. Sedangkan kalimat Ojo Kuwi itu sendiri ditafsirkan seperti ajakan untuk tidak memilih. Semakin mengundang tanya manakala lagu Dhani dikemas dengan nuansa yang mirip laguGenjer-Genjer.

Berikut lirik lagunya;

OJO KUWI!! (Jangan itu)

Ojo Kuwi! Ojo Kuwi! Ojo Kuwi! (Jangan itu! Jangan itu! Jangan itu!)

Kuwi ngono ora biso rumongso… (Itu tidak bisa merasa)

Kuwi ngono rumongso biso… (Itu hanya merasa bisa)

Ojo kuwi!! Coblos nomor satu!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya