SOLOPOS.COM - Hasselblad X1D (Engadget)

Kamera terbaru Hasselblad X1D dengan resolusi 50 MP akan dijual Rp119 juta.

Solopos.com, SOLO — Perusahaan kamera asal Swedia, Hasselblad, resmi menghadirkan perangkat anyarnya bernama X1D. Kamera terbaru X1D tersebut bertipe mirrorless medium format pertama yang diluncurkan di dunia.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

Sebagaimana dikutip dari Engadget, Kamis (23/6/2016), perangkat kamera dengan medium format biasanya memiliki berat dua kali lipat daripada X1D. Meski begitu kamera terbaru Hasselblad X1D memiliki sensor CMOS dengan resolusi 50 megapiksel (MP).

Ekspedisi Mudik 2024

Bos Hasselblad, Perry Oosting, mengatakan kamera terbaru X1D merupakan andalan pihaknya dengan format yang tidak biasa. Tentu saja X1D diharapkan bisa memuaskan pencinta fotografi prosesional.

Selain itu sensor CMOS 50 MP yang tersemat di kamera terbaru X1D juga diperkuat dynamic range sebesar 14 stop, dengan rentang ISO 100-25600. Untuk layar sentuh kamera X1D memiliki ukuran 3 inci beresolusi 920.000 titik.

Spesifikasi dan fitur kamera X1D bukan hanya itu saja. Kamera besutan Hasselblad tersebut diperkuat electronic viewfinder XGA beresolusi 2,36 juta titik, dua slot SD card, GPS Wifi, hot shoe flash yang cocok dengan sistem Nikon, konektor USB 3.0 Type-C dan port mini HDMI yang membuat pengguna bisa memaksimalkan peran kamera dengan benar.

Sebenarnya kamera terbaru X1D dengan tipe mirrorless baru kali pertama dibikin Hasselblad. Jadi kamera tersebut diperkuat dua lensa dengan mounting X1D yang cocok dengan X1D berukuran 45 mm f/3.5 dan 90 f/4.5.

Untuk 12 lensa Hasselblad lainnya dengan mounting H tetap bisa digunakan menggunakan adaptor khusus. Dengan spesifikasi seperti itu, kamera terbaru X1D dibanderol paling murah US$8.995 atau sekitar Rp119 juta khusus kamera utama saja.

Bila ingin ditambahi dengan paket lensa 45mm f/3.5 kamera terbaru Hasselblad X1D akan dijual  US$11.290 atau setara Rp149 juta. sedangkan untuk dua lensa akan dijual US$13.985 atau setara Rp185 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya