SOLOPOS.COM - Leica S (Detik)

Kamera terbaru Leica S harganya hampir Rp300 juta.

Solopos.com, JAKATA — Produsen kamera asal Jerman, Leica, merilis kamera terbaru untuk dipasarkan di Indonesia, yaitu Leica S (Type 007). Kamera buatan Leica memang sudah terkenal berharga mahal, namun kamera yang baru diluncurkan ini harganya nyaris Rp300 juta.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dikutip dari Detik, Sabtu (3/10/2015), kamera terbaru Leica S (Type 007) adalah perangkat medium format dengan sensor Leica MAX CMOS 35,7 megapiksel.

Menurut Product Specialist Leica APAC Sensor, TS Sim, kamera terbaru Leica S tak dilengkapi dengan low pass filter, sehingga gambar yang dihasilkan akan lebih tajam.

“Ya, sensornya tak pakai low pass filter, jadi gambarnya akan lebih tajam meski memang akan ada moire,” Ujar TS Sim, saat meluncurkan kamera ini di A Studio Square, Jakarta.

Sensor tersebut ditemani dengan prosesor Maestro II yang bisa memberikan frame rate sebesar 3,5 fps dalam mode burst. Selain itu, prosesor ini juga membuat Leica S (Type 007) bisa merekam video 4K dengan format super 35.

“Untuk kelas medium format, saya jamin ini adalah prosesor yang paling kencang. Apabila ada yang lebih kencang, saya akan cuci mobil kamu selama sepekan,” pungkas Sim dalam presentasinya.

Perlu diketahui, ukuran sensor di kamera medium format adalah 30 x 45 mm. Sebagai perbandingan, ukuran sensor di kamera DSLR full frame adalah 36 x 24 mm, maka dari itu, biasanya bodi kamera medium format punya ukuran yang jauh lebih besar ketimbang DSLR.

Kamera terbaru Leica S juga dilengkapi dengan koneksi Wifi dan sistem GPS yang bisa merekam data lokasi tempat foto diambil. Dengan koneksi Wifi Leica S (Type 007) juga terhubung dengan Iphone dan Ipad dengan aplikasi khusus yang disediakan oleh Leica.

Dengan begitu, pengambilan gambar bisa dikontrol dari jarak jauh. Fitur semacam ini sudah banyak dibenamkan oleh banyak vendor di kamera kelas konsumer buatannya.

Sayang Leica tak mau mengungkap harga jual kamera ini di Indonesia. Menurut Marketing & Public Relation Leica Indonesia, Jacqueline Sudirgo, harga kamera terbaru sangat bergantung dengan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika.

“Jadi harganya belum bisa ditentukan, kalau tertarik bisa langsung preorder dulu saja ke kami,” ujar Jacqueline. Namun, sebagai informasi, di Amerika Serikat, Leica S (Type 007) ini dijual dengan harga US$19.700 atau sekitar Rp288 juta.

Sementara di Singapura, menurut TS Sim, Leica ini dijual dengan harga S$27.500, atau sekitar Rp281 juta. “Saya belum tahu berapa harga kamera ini di Indonesia, namun di Singapura harganya adalah S$27.500,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya