SOLOPOS.COM - Duo Kamera Mirroless Panasonic. (Istimewa)

Kamera terbaru bikinan Panasonic mampu merekam gambar dengan resolusi 4K.

Solopos.com, TOKYO — Sadar dengan perkembangan pesat kamera Mirrorless, Panasonic kembali merilis Lumix GX8 dan G7. Dua mirrorless ini mengusung perekaman gambar dengan resolusi 4K.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Laman Panasonic telah merilis teaser dua kamera mirrorless ini. Dalam keterangannya, Panasonic menyebut GX8 dan G7 bisa merekam video dengan resolusi 3.840 x 2.160 pixel alias 4K. Video 4K yang sudah direkam tersebut kemudian bisa dicapture untuk menjadi sebuah gambar diam, dengan resolusi 4K.

Panasonic membanderol bodi GX8 dengan harga Rp15,9 juta, sementara G7 dilepas dengan harga Rp11 juta dengan lensa kit 14-42mm f/3,5-5,6.

Dilansir Detik, Jumat (16/10/2015), GX8 adalah kamera mirrorless flagship Panasonic yang menggunakan sensor Digital Live MOS anyar dengan resolusi 20,3 megapixel, atau meningkat dari 16 megapixel di GX7. Sensor anyar ini mendukung penggunaan ISO hingga 25.600 yang diklaim tetap minim noise.

GX8 akan menggantikan posisi GX7 yang sudah berumur dua tahun. Selain sensor, perbedaan yang mencolok GX8 dibanding pendahulunya itu adalah keberadaan sistem Dual Image Stabilizer, yang kini terdapat pada bodi dan lensanya — biasanya hanya salah satu.

“Gambar bisa selalu tajam, hampir tanpa blur atau getaran dari tangan,” pungkas Agung Ariefandi, Product Manager Audio dan Digital Imaging PT Panasonic Gobel Indonesia saat peluncuran kamera ini di sela-sela gelaran Internasional Filmmaking Resources Expo (Filmares) 2015.

Kombinasi dual IS dan sensor anyar ini membuat GX8 cocok dipakai memotret di tempat yang minim cahaya. Soal konektivitas, GX8 dilengkapi WiFi dan NFC, tersimpan di dalam bodi berbahan magnesium allow yang tahan cuaca.

Sementara G7 bisa dibilang adalah adik dari GX8, karena menggunakan sensor Digital Live MOS dengan resolusi lebih rendah, yaitu 16 megapixel. Bentuk bodi G7 bisa dibilang mengambil gaya GH4, dengan electronic viewfinder (EVF) di bagian tengah kamera, layaknya DSLR.

G7 juga dilengkapi dengan teknologi depth from defocus (DFD) yang bisa mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengatur fokus, pun meningkatkan kinerja autofokusnya dalam keadaan low light.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya