SOLOPOS.COM - Leica M10 (Tech Radar)

Leica merilis kamera terbaru M10 di Indonesia.

Solopos.com, JAKARTA – Leica merilis produk teranyarnya, M10. Kamera tersebut melengkapi seri M lainnya yang sudah terlebih dahulu lahir, seperti M9.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Perusahan asal Jerman tersebut masih mempertahankan ciri khasnya dengan desain retro klasik. Ciri tersebut masih dipertahankan oleh perusahaan hingga produk terbarunya ini. Leica M10 memiliki tampang klasik dengan dimensi yang sama persis dengan model kamera analog zaman dahulu.

Ekspedisi Mudik 2024

Namun tentu fiturnya sudah jauh berbeda. Dilansir Okezone, Rabu (8/2/2017), bodinya Leica M10 dilapisi material berbahan metal magnesium alloy. Di bagian layar, terdapat pelindung Gorilla Glass yang dapat tahan terhadap goresan dan fisik yang tahan terhadap cipratan air, debu dan juga cuaca ekstrim.

Sensivitas cahaya yang dapat ditangkap oleh kamera ini berkisar antara ISO 100 hingga 50.000. Dalam rentang ISO tinggi, ia pun diklaim memiliki peningkatan dalam hal penanganan noise.

Salah satu perubahan yang menonjol di Leica M10 ialah adanya tombol pengatur ISO di bagian atas bodi. Selain itu pengaturan seperti jarak, apperture, exposure, dan ISO pun telah dapat diatur tanpa mengakses menu. Dan untuk memudahkan pengoperasian, Leica hanya menyematkan tiga pilihan tombol seperti Live-View, Review dan Menu di bagian belakang.

Leica M10 mengandalkan sensor sensor full frame CMOS Maestro II berukuran 24 megapiksel. Sensor ini diklaim memiliki dynamic range, kontras, dan detail yang lebih baik. Sementara fitur lainnya yakni sanggup memotret dengan mode continous dengan kecepatan 5 frame per detik.

Menjadi fitur wajib bagi kebanyakan kamera mirrorless saat ini, Leica M10 juga telah dilengkapi koneksi nirkabel melalui sambungan WLAN yang dapat terintegrasi dengan smartphone untuk mengirim hasil pemotretan. Akses aplikasi M-App juga memungkinkan Anda untuk menjadikan smartphone sebagai shutter release.

Sebagai kamera yang memiliki sensor full frame, tampaknya Leica M10 akan menjadi pesaing Sony a7 yang telah lebih dulu hadir. Sony memiliki sensor full frame berukuran 24,3 megapiksel dengan rentang ISO hingga 25.600.

Sedangkan dari segi rangefinder, kamera ini bersaing dengan Panasonic Lumix GX8 yang memiliki sensor kamera berukuran 20,3 megapiksel. Hanya saja keduanya terpaut ukuran jenis sensor antara full frame dengan micro four third yang dimiliki Lumix GX8.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya