SOLOPOS.COM - Peluncuran Kamera Fuji X Pro 2 (Detik)

Kamera terbaru Fujifilm X-Pro2, X-E2S dan X70 resmi dirilis di Indonesia.

Solopos.com, JAKARTA — Sekitar sebulan setelah diluncurkan di Jepang, Fujifilm akhirnya memboyong tiga kamera terbarunya ke Indonesia. Kamera itu bernama X-Pro2, X-E2S dan X70, kapan mulai dijual?

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ya, Fuji memang sudah memamerkan kamera terbaru itu dalam sebuah acara yang digelar di Hotel Raffles, Jakarta, Rabu (24/2/2016). Namun kamera-kamera tersebut belum mulai dijual ke pasaran.

Pihak Fuji belum menyebut tanggal pasti penjualan tiga kamera terbaru tersebut di Indonesia. “Sekitar pertengahan Maret, tunggu saja,” singkat , GM Sales & Marketing Fujifilm Indonesia, Johannes J. Rampi, dilansir Detik, Rabu (24/2/2016).

Pabrikan kamera asal Jepang itu belum mematok harga resmi untuk tiga kamera terbaru X-Pro2, X-E2S dan X70. Namun, mereka menjamin harganya tak akan beda jauh dengan harga di luar negeri. “Enggak akan jauh dari harga di luar kok. Nanti kalau jauh lebih mahal orang pada beli di luar,” tutup Johanes.

Selain tiga kamera terbaru seri X itu, Fuji juga meluncurkan sebuah lensa XF anyar, yaitu 100-400 mm f/4,5-5,6. Lensa ini adalah sebuah lensa zoom telephoto dengan bodi diklaim tahan cuaca yang setara dengan lensa 152-609 mm di kamera full frame.

Sekadar informasi, bodi kamera terbaru Fuji X-Pro2 di luar negeri dijual dengan harga US$1.699 atau sekitar Rp22,8 juta. Sementara untuk X-E2S dan X70, Fuji membanderolnya dengan harga yang sama, yaitu US$699 atau sekitar Rp9,3 juta.

Tiga kamera terbaru Fujifilm itu kali pertama diluncurkan oleh Fuji di sebuah acara bertajuk Fujikina yang mereka gelar di kantor pusatnya di Jepang, pertengahan Januari lalu. Acara Fujikina tersebut diadakan sekaligus untuk menyambut ulang tahun ke-5 kamera Fuji dari seri X atau X-Series.

Seperti dilansir Liputan6.com, Rabu, Takashi Miyako selaku Research and Development Manager Fujifilm menambahkan ketiga kamera premium ini memiliki kelebihan masing-masing. Untuk kamera terbaru Fujifilm X-Pro 2 merupakan penerus dari X-Pro1 yang diluncurkan sejak 2012 lalu.

Selain itu, kamera terbaru X-Pro 2 memiliki sistem autofocus sebanyak 273 titik. Sebanyak 77 di antaranya menggunakan teknologi phase detection, meliputi 40% frame. Lebih lanjut, kecepatan shutter kamera ini juga meningkat menjadi 1/8000 detik.

Ini tentunya jauh lebih baik dibanding X-Pro1 yang hanya memiliki kecepatan shutter 1/4000 detik. Begitu juga dengan kecepatan sinkronisasi flash menjadi 1/250 detik.

“Sedangkan untuk X-E2S memiliki bodi yang kokoh dan ringkas. Kamera terbaru tersebut memiliki Real-Time Viewfinder dengan pembesaran display hingga 0,62 kali dan electronic Viewfinder dengan jeda waktu tercepat di dunia yaitu 0,0005 detik,” kata Miyako.

Untuk lensa Fujinon XF100-400mm F4.5-5.6 R LM OIS WR diperuntukkan bagi kamera X-series mirrorless, yang memiliki lensa zoom dengan panjang fokus yang setara dengan 152-609 mm dalam format 35 mm.

Lensa ini diklaim tahan air dan debu, serta bisa digunakan dalam suhu rendah hingga -10 derajat celcius. Kamera terbaru Fujifilm X-Pro2 dipasarkan di Indonesia dengan harga sekitar Rp23 jutaan. Sayangnya, pihak Fujifilm tidak membeberkan harga kamera lainnya serta lensa Fujinon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya