Anda bisa mencari berdasar kategori
atau judul berita
Masukan kata kunci

Kamar Indekos Terduga Teroris di Cemani Sukoharjo Digeledah, Ini Hasilnya

Kamar Indekos Terduga Teroris di Cemani Sukoharjo Digeledah, Ini Hasilnya
author
Ika Yuniati Kamis, 1 Desember 2022 - 17:52 WIB
share
SOLOPOS.COM - Suasana sekitar kamar indekos terduga teroris di Ngruki, Cemani, Grogol, Sukoharjo, Kamis (12/1/2022). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri).

Solopos.com, SUKOHARJO — Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri menggeledah kamar indekos milik terduga teroris, DU, 47 di Ngruki RT 001/RW 016, Cemani, Grogol, Sukoharjo, Kamis (1/12/2022).

Kepala Desa Cemani, Hadi Indrianto, 60 mengatakan sebelumnya di desanya telah dilakukan empat kali penangkapan terkait kasus serupa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Satu kasus di antaranya ditangkap di indekos milik DU yang digeledah itu. Sementara DU diketahui ditangkap pada Kamis pagi di Gentan, Sukoharjo tempatnya berjualan buah.

“Saya tidak kaget karena sudah empat kali ini ya di Cemani ini dan di lokasi ini sudah ada [penangkapan] dua kali. Yang bersangkutan bukan warga Cemani, dia warga Bratan, Pajang, Solo, di sini status penduduk kos, satu keluarga dengan anak istri. Kesehariannya dia bekerja sebagai pedagang buah di wilayah Gentan,” terang Hadi.

Ekspedisi Mudik 2024

Hadi mengatakan sosialisasi DU dengan masyarakat cukup baik, ketika ada kerja bakti dia ikut gabung layaknya masyarakat umum. Bahkan lebih baik jika dibandingkan dengan masyarakat umum lainnya.

Baca juga: Terduga Teroris Makamhaji Sukoharjo Ditangkap, Ketua RT: Dia Jarang Komunikasi

Meski dia menilai segi ekonomi DU terbilang menengah ke bawah, namun jiwa sosialnya terbilang tinggi. DU juga diketahui sebagai pengurus masjid di masjid At-Taqwa sekitar indekosnya.

Sementara proses penggeledahan berjalan hampir satu jam dan berjalan tertib. Sebelumnya proses penggeledahan sempat tertunda karena ada kesalahan teknis pada pagi hari sehingga tidak bisa berjalan tepat waktu.

Sementara pada pukul 14.00 WIB saat penggeledahan akan dimulai pihak keluarga tidak ada di rumah, sehingga ditunda sekitar tiga puluh menit.

“Tidak ditemukan sesuatu yang mencurigakan, yang membahayakan, hanya buku-buku kecil seeprti buku belajar Iqra’, buku belajar Al-qur’an dan buku memperdalam ibadah. Penyitaan di satu tempat, buku-buku di atas lemari, di atas meja belajar,” ungkapnya.

Baca juga: Tak Hanya di Parangjoro, Densus 88 Juga Tangkap Warga Makamhaji Sukoharjo

Dia juga tidak mendengar DU tergabung dalam kelompok apa. Dia juga tak mengetahui kini DU berada di mana.

“Yang jelas terorisme, tapi dalam jaringan apa saya tidak tahu, ditangkap pagi tadi, informasi sebelumnya saya tidak tahu,” ungkap Hadi.

Sementara itu berdasarkan rilis tertulis yang diterima Solopos.com Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Al-Qudussy membenarkan informasi tersebut.

“Kami membenarkan bahwa benar ada kegiatan penegakan hukum oleh Densus 88 di wilayah Sukoharjo yang dilaksanakan pada hari Kamis, 1 Desember 2022,” tulisnya dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis.

Baca juga: Ini Lokasi Penangkapan Warga Parangjoro Sukoharjo oleh Densus 88

“Polda Jateng dan Polres Sukoharjo hanya membantu proses pengamanan dalam tindakan kepolisian terhadap terduga teroris untuk press release  secara rinci nanti akan disampaikan lebih lanjut oleh Divhumas Polri dan Densus 88,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya
Ekspedisi Mudik 2024

Koran Solopos


Berita Populer

Dapatkan akses tak terbatas
Part of Solopos.com
ISSN BRIN