SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memutuskan lokasi ibu kota baru di Kalimantan Timur. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga turut menganalisa dari sisi kegempaan dan potensi tsunami. 

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan bahwa Kalimantan letaknya jauh dari zona megatrust. Posisi zona megatrust di Indonesia berada sekitar 250 km dari pantai Sumatra yang memanjang, lalu menikung ke selatan Jawa, Nusa Tenggara, sampai Papua selatan. 

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Pulau Kalimantan itu sesungguhnya bagian dari benua Asia. Satu-satunya pulau besar di indonesia yang merupakan bagian benua Asia kondisi tektoniknya jauh lebih stabil daripada pulau Sumatra, Jawa, Nusa Tenggaram sampai Papua,” kata Dwikorita di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (27/8/2019).

Dwikorita menjelaskan bahwa Kalimantan lebih stabil karena sudah tidak lagi mengalami proses penumpukan lempeng tektonik. Bumi Borneo juga memiliki batuan yang lebih stabil dalam meredam getaran. Dengan begitu jika ada gempa, goyangannya tak terlalu terasa. 

Dari sisi tsunami, katanya Kalimantan juga umumnya hanya dapat kiriman karena pusatnya jauh. Hal ini berbeda dari pulau yang berada di sebelahnya seperti Sulawesi. 

Dwikorita mencontohkan gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, beberapa waktu lalu yang hanya berjarak 2 menit dari gempa. Akan tetapi di Kalimantan, jarak antara keduanya berselang 20 menit. Pemerintah bisa mengevakuasi warganya jika ada peringatan dini.

“Bandingkan 2 menit sama 20 menit, kan bedanya jauh. Insya Allah apa yang diputuskan presiden [untuk ibu kota baru] dari sudut pandang gempa bumi dan tsunami kami sangat bersyukur sudah paling baik,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya