SOLOPOS.COM - Personel Paspampres mengikuti upacara pengesahan validasi organisasi dan tugas Paspampres di Mako Paspampres Tanah Abang, Jakarta, Senin (3/3/2014). (JIBI/Solopos/Antara/Wahyu Putro A)

Pergantian pasukan penjaga Istana Kepresidenan Jakarta kini bisa ditonton masyarakat umum.

Solopos.com, JAKARTA — Untuk kali pertama sepanjang sejarah, seremoni pergantian pasukan penjaga Istana Kepresidenan dapat disaksikan oleh masyarakat umum.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Komandan Paspampres Mayjen TNI (MAR) Bambang Suswantono mengatakan penyelenggaraan seremoni pergantian pasukan oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) tersebut merupakan instruksi langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Sesuai arahan Presiden, di luar negeri, pergantian pasukan jaga Istana dapat dinikmati masyarakat. Untuk itu kita juga akan tampilkan,” katanya dikutip dari keterangan resmi Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Minggu (17/7/2016).

Bambang yang baru menjabat sebagai Komandan Paspampres pada 25 Mei lalu tersebut menyatakan keinginannya untuk mengubah image Paspamres di masyarakat.

“Kita tunjukkan juga bahwa anggota Paspampres yang selama ini kelihatan garang, kelihatan tidak bersahabat, kini berubah dan masyarakat bisa berfoto bersama Paspampres,” ujarnya

Presiden Jokowi dalam beberapa kesempatan memang mengatakan tidak ingin ada jarak antara dirinya dengan rakyat. Bahkan, ketika pertama kali dilantik menjadi Presiden, salah satu hal yang pertama kali dilakukannya ialah berbicara dengan Paspampres terkait hal tersebut. “Meskipun pengamanannya ketat, tapi saya tidak ingin terjadi jarak antara saya dan masyarakat,” ujar Presiden kala itu.

Dalam proses pergantian pasukan tadi pagi, sejumlah anggota Paspampres sempat menampilkan sejumlah atraksi seperti memeriksa senjata, amunisi, kerapihan seragam, hingga lempar senjata. Seremoni tersebut akan dilangsungkan di Hari Minggu pekan ke-2 tiap bulannya dan dimulai pada pukul 08.00 WIB pagi di halaman luar Istana Merdeka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya