Kali Pertama, Kim Jong Un Temui Pejabat Korea Selatan
Kim Jong Un (Awdnews.com)

Korut dan Korsel saling bertemu membahas upaya pertemuan.

Solopos.com, SOLO – Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un bertemu dengan para pejabat tinggi Korea Selatan untuk kali pertama dan mengatakan keinginannya untuk meningkatkan hubungan antar-Korea serta berupaya mewujudkan reunifikasi.

Menurut laporan dari kantor berita Korea Utara, KCNA sebagaimana dikutip Antara, Jumat (10/3/2018), delegasi Korea Selatan beranggotakan 10 orang, yang dipimpin kepala Kantor Keamanan Nasional Chung Eui-yong, berkunjung ke ibu kota negara Korea Utara, Pyongyang, pada Senin dengan harapan dapat mendorong Korut dan Amerika Serikat melakukan pembicaraan satu sama lain.

Washington dan Pyongyang telah terlibat perselisihan selama berbulan-bulan menyangkut program nuklir dan rudal Korea Utara. Presiden AS Donald Trump dan Kimg Jong Un saling melemparkan penghinaan dan mengancam perang.

Ketegangan antara kedua Korea menurun selama pelaksanaan Olimpiade Musim Dingin baru-baru ini di Korea Selatan. Dalam kesempatan itu, Presiden Korsel Moon Jae-In menerima kedatangan delegasi tingkat tinggi Korea Utara. Kim Jong Un mengundang Moon untuk bertandang ke Korea Utara dalam rangka melakukan pembicaraan tingkat pemimpin negara, yang dikatakan Moon harus diupayakan kedua pihak.

"Ketika mendengar dari utusan khusus Korea Selatan soal niat Presiden Moon Jae In untuk melakukan pertemuan puncak, (Kim Jong Un) bertukar pandangan dan membuat kesepakatan yang memuaskan," kata Korean Central News Agency (KCNA) soal pertemuan itu.

Kantor berita Korea Utara itu tidak menyebutkan keterangan perinci soal kesepakatan apa yang dicapai namun seorang pejabat dari Kantor Kepresidenan di Seoul mengatakan kesepakatan itu sebagian menyangkut pertemuan puncak yang ditawarkan oleh Korut.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom