SOLOPOS.COM - Tunggal putra Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo, berlatih di arena pertandingan bulu tangkis SEA Games 2021 di Bac Giang Gymnasium, Bac Giang, Vietnam, Sabtu (14/5/2022). (Antara/HO-PP PBSI)

Solopos.com, HANOI – Pencinta bulu tangkis Indonesia kembali menelan kekecewaan. Setelah tim Piala Thomas Indonesia dikalahkan Tim India di final Piala Thomas 2022 di Bangkok, Thailand, beberapa hari lalu, kali ini giliran tim beregu putra Indonesia yang kandas di ajang SEA Games 2021.

Berhadapan dengan Thailand di semifinal cabang bulu tangkis beregu putra SEA Games 2021 di Bac Giang Gymnasium, Bac Giang, Selasa (17/5/2022), Indonesia, kalah dengan skor 2-3.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hasil tersebut menandai untuk kali pertama bulu tangkis Indonesia gagal membawa pulang emas dari nomor beregu putra. Tim Merah Putih sebelumnya selalu merebut emas dalam enam edisi SEA Games berturut-turut.

Namun, pada edisi kali ini, Indonesia yang menurunkan para pemain muda, harus puas dengan medali perunggu setelah kalah 2-3 dari Thailand.

Baca Juga: Final SEA Games 2021: Kekuatan Bulu Tangkis Putri Indonesia Vs Thailand

Indonesia memulai pertandingan semifinal dengan kekalahan di partai pertama. Chico Aura Dwi Wardoyo belum mampu mengatasi perlawanan Kunlavut Vittidsarn dan dipaksa menyerah dengan skor 14-21, 14-21.

Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche menyamakan kedudukan setelah susah payah menumbangkan Chaloempon Charoenkitamorn/Nanthakarn Yordphaisong 21-16 12-21 21-16.

Namun, Indonesia kembali tertinggal di partai ketiga menyusul kekalahan Christian Adinata dari Sitthikom Thammasin.

Baca Juga: Perkuat Lini Belakang, Persis Solo Datangkan Pemain Berdarah Brasil Ini

Beruntung, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin berhasil memenangi pertandingan melawan Pakkapon Teeraratsakul/Peeratchai Sukphun sehingga memaksa laga harus berlanjut hingga partai kelima.

Namun, Bobby Setiabudi belum mampu menyumbang poin untuk tim Indonesia usai takluk kepada Panitchaphon Teeraratsakul 18-21, 19-21.

Dengan hasil tersebut, Indonesia hanya berhak atas medali perunggu beregu putra SEA Games 2021, sementara itu tim putri masih berpeluang menyumbang emas dalam laga final kontra Thailand, Rabu (18/5/2022) siang WIB.

Baca Juga: Menjelang ke Surabaya, Berapa Kali Persis Solo Telah Berlatih?

Pelatih tunggal putra Indonesia, Harry Hartono, menuturkan tunggal putra yang diturunkan di SEA Games 2021 memang kalah secara pengalaman dibandingkan para pemain Thailand. Tunggal putra Thailand, menurut dia, juga lebih siap dan matang secara mental.

“Tadi seharusnya kami bisa menang di tunggal ketiga [Bobby Setiabudi] karena dia secara kualitas lebih baik. Tapi dia tadi terlihat tegang sekali, sementara Thailand lebih siap secara mental,” kata Harry.

Laga perebutan emas beregu putra akan mempertemukan Thailand dan Malaysia, Rabu (18/5/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya