Kalahkan Tim-Tim Top, Persija Masuk Jajaran Klub Sepak Bola Asia Paling Populer Versi AFC
Persija jadi Klub Paling Populer Asia Versi AFC. (Instagram-@persija)

Solopos.com, KUALA LUMPUR – Persija Jakarta masuk dalam tiga teratas klub paling populer di Asia versi berdasarkan hasil polling Federasi Sepakbola Asia (AFC). Tim Berjuluk Macan Kemayoran itu tepatnya berada di urutan ketiga di bawah Tractor SC dan Persepolis FC, keduanya dari Iran.

Skuat Macan Kemayoran bersaing dengan delapan tim lainnya yang menyandang status pemenang dan runner-up di tiap regional. Persija merupakan pemenang regional Asia Tenggara di atas klub Malaysia, Johor Darul Takzim (JDT).

Namun kesuksesan di Asia Tenggara ini tidak berlanjut di tingkatan lebih tinggi, yakni Asia. Persija harus puas berada di peringkat tiga di bawah dua klub Iran, Tractor SC dan Persepolis FC.

Sederhana, Ini Cara Penggawa Persis Solo Lalui Tahun Baru 2021

Dilansir dari laman resmi AFC, pemilihan tersebut diikuti 1.468.693 orang. Dari delapan klub yang menjadi nominasi, Tractor SC berhasil memenangi lebih dari setengah suara yang masuk dan menenggerkan namanya di puncak voting dengan perolehan suara sebanyak 51,14%. Persepolis FC menempati urutan kedua dengan 21,65% suara.

Peringkat Ketiga

Persija sendiri menjadi satu-satunya klub yang mewakili Indonesia dalam pemilihan tersebut. Meski tidak menjadi juara umum, perolehan suara Macan Kemayoran cukup memuaskan. Persija berhasil menyebet peringkat ketiga dengan perolehan 11,45%.

Kendati demikian, jika menilik dari hasil jajak pendapat tersebut hanya terdapat dua klub asal ASEAN yang ikut polling. Klub tersebut adalah Persija dan JDT. Dengan itu, bisa dipastikan Persija adalah klub yang popular di Asia Tenggara.

Latihan Perdana Bhayangkara Solo FC Tunggu Kebijakan Karantina Pendatang dari Pemkot Selesai

“Menurut hasil final regional kami, Persija Jakarta adalah klub paling populer di kawasan ASEAN yang sangat kompetitif, memperoleh 32,49 persen suara di lapangan termasuk sembilan rival regional yang didukung penuh semangat,” tulis AFC di laman resminya, Jumat (1/1/2021).

“Dikenal sebagai 'The Jakmania’, suporter Persija mendukung klubnya dalam jumlah besar, rutin memenuhi tribune dan menciptakan suasana tak terlupakan di Stadion Gelora Bung Karno yang terkenal,” papar mereka.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom