SOLOPOS.COM - Tim Barunastra ITS saat mempersiapkan kapal Nala Theseus untuk berlaga di International Roboboat Competition (IRC) 2022 di Florida, Amerika Serikat. (its.ac.id)

Solopos.com, SURABAYA — Tim Barunastra Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Jawa Timur, sukses meraih gelar juara umum dalam ajang tahunan bertaraf dunia, International Roboboat Competition (IRC) 2022 yang digelar di Florida, Amerika Serikat.

Dikutip dari its.ac.id, Minggu (3/7/2022), External Relationas Tim Barunastra ITS, Fatahillah Muhammad Daffa Shodiq, mengatakan timnya berhasil meraih gelar juara umum di ajang IRC 2022 yang digelar pada akhir Juni lalu dengan mengalahkan berbagai tim dari universitas kelas dunia lainnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Beberapa universitas kelas dunia yang ikut dalam kompetisi itu seperti Massachusetts Institute of Technology (MIT), University of Michigan, Institute Tecnologico y de Extudios Superiores de Monterrey, Robotics Association of Embry-Riddle, AGH University of Science and Technology, Tel Aviv University, dan masih banyak lagi.

Pada ajang IRC 2022 ini, masing-masing tim berkompetisi dalam dua sublomba, yaitu Design & Documentation dan Autonomy Challenge.

Baca Juga: Sadis! Tak Terima Diceraikan, Suami di Malang Tusuk Istri & Anaknya

Untuk sublomba Design & Documentation, kata Fatah, peserta ditantang untuk membuat Tecnical Design Report mengenai kapal buatannya dan Competition Strategy yang dibagikan di YouTube.

“Sedangkan sublomba Autonomy Challenge menantang kepal peserta untuk menjalankan berbagai misi seperti Navigation Channel, Avoid the Crowds, Find a Seat at the Show, Snack Run, Skeeball Game, dan Water Blast,” jelas Fatah.

Raih Juara Pertama

Dari sublomba itu, Fatah mengatakan Tim Barunastra ITS yang berdiri sejak 2012 itu berhasil menyabet juara I. Timnya menjadi satu-satunya tim yang berhasil menyelesaikan semua misi pada Autonomy Challenge.

“Dengan begitu, Tim Barunastra ITS berhasil meraih titel juara umum pada IRC 2022 ini,” kata mahasiswa Departemen Teknik Sistem Perkapalan ini.

Baca Juga: Terenyuh! Alasan Nenek di Ponorogo Jual Dawet dengan Harga Murah

Lebih lanjut, Fatah menyampaikan keberhasilan tersebut tidak luput dari inovasi yang dikembangkan timnya. Dengan kapal Nala Theseus-nya, Tim Barunastra mengusung konsep modularity sehingga dapat menampung banyak muatan di atas kapal. Konsep ini juga mempunyai prinsip desain yang membagi sistem menjadi bagian-bagian kecil.

“Sehingga dapat dimodifikasi, diganti, atau ditukar secara independen dengan modul lainnya,” beber Fatah.

Selain itu, Tim Barunastra ITS juga mengembangkan sistem watertight hull yang membuat hull kapal Nala Theseus kedap air untuk keamanan komponen elektrikal di dalamnya.

Baca Juga: Nasib Objek Wisata di Ponorogo, Tak Berpengunjung Gegera Kotoran Sapi

“Inovasi ini dibuat karena pada tahun sebelumnya kapal buatan Barunastra ITS sempat mengalami kebocoran sehingga menyebabkan kerusakan komponen elektrikal,” terang Fatah.

Inovasi Kapal Nala Theseus

Untuk inovasi pada bagian penggerak, jelas Fatah, kapal Nala Theseus menggunakan sistem holonomic movement sehingga kapal dapat bergerak secara holonomic atau bergerak tanpa mengubah arah hadap kapal.

Sedangkan untuk sublomba Design & Documentation, Barunastra ITS menggunakan konsep retro futuristic pada video competition strategy.

“Tidak hanya itu, Barunastra ITS menggabungkan simulasi-simulasi 3D agar video mudah dipahami,” imbuhnya.

Baca Juga: Pastikan Tak Ada ODGJ Dipasung, Ponorogo Buka Pusat Rehabilitasi Jiwa

Menurut dia, prestasi yang berhasil diraih timnya ini diharapkan bisa menjadi titik awal perkembangan kapan autonomous di Indonesia.

“Selain itu, harapannya nama Indonesia akan semakin terdengar di dunia maritim internasional, begitu pun dengan nama ITS, Barunastra ITS dan Robotika ITS,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya