SOLOPOS.COM - Fajar/Rian saat menghadapi wakil Jepang di babak 32 besar China Masters 2023, Rabu (22/11/2023). (Istimewa/Tim Humas dan Media PP PBSI)

Solopos.com, JAKARTA — Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bertekad tampil maksimal di Indonesia Masters 2024 untuk membuktikan bulu tangkis Indonesia masih berjaya meski menuai sejumlah hasil buruk di berbagai turnamen.

Fajar/Rian tidak menemui kesulitan berarti saat menghadapi pasangan Taiwan Lee Jhe-Huei/Yang Po-Hsuan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Mereka menang dua gim langsung 21-16, 21-14 di babak 32 besar Indonesia Masters 2024.

“Kami ingin menampilkan yang terbaik apalagi di dua turnamen sebelumnya Indonesia tidak ada yang masuk semifinal. Semoga di sini kami bisa bermain maksimal dan bisa membuktikan bahwa Indonesia masih kuat di bulu tangkis,” kata Fajar Alfian seusai pertandingan di Istora Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Selasa (23/1/2024).

Mengenai strategi di babak 16 besar, Fajar akan menjalankan instruksi dari pelatih yang mengevaluasi kekurangan-kekurangan tim di dua turnamen sebelumnya.

Ia mengatakan pelatih menggenjot pemain dari sisi fisik, mental dan teknik.

“Semua pasti dipelajari sebelum pertandingan di babak kedua besok. Jadi step by step saja. Semoga bisa memberikan yang terbaik buat Indonesia di publik sendiri,” ujar Fajar seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Fajar mengatakan tekanan menuju Olimpiade memang ada namun hal tersebut tergantung bagaimana penyikapan dari atlet.

Ia akan berusaha sekeras mungkin bisa lolos ke Olimpiade Paris meski dalam sejumlah turnamen race to Olympic menuai hasil yang kurang memuaskan.

“Tekanan pasti ada. Tapi bagaimana atlet itu sendiri menyikapinya. Sebagai motivasi atau sebagai beban. Atau bahkan bisa tekanan itu bahwa kita ingin berlaga di Olimpiade. Apalagi saya pribadi sama Rian sudah gagal lolos ke Olimpiade Tokyo lalu. Meskipun hasilnya kurang bagus, kurang maksimal di race to Olympic ini tapi kami akan berusaha bahwa kami bisa lolos ke Olimpiade dan bisa memberikan yang terbaik,” kata Fajar.

Pada pertandingan babak 32 besar di Lapangan 1 Istora Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Selasa, Fajar/Rian memulai gim pertama dengan kurang meyakinkan setelah tertinggal 4-5 dari Lee/Yang.

Persaingan ketat terjadi antara kedua pasangan hingga skor sama kuat 9-9 menjelang interval.

Fajar/Rian yang pada turnamen ini menyandang peringkat tujuh dunia lalu menutup interval dengan keunggulan tipis 11-10.

Selepas interval, Lee/Yang menyamakan kedudukan 11-11. Namun, setelahnya Fajar/Rian mencetak empat poin beruntun untuk menjauh 15-11.

Keunggulan selisih empat poin terus dijaga Fajar/Rian sampai keduanya memperoleh game poin saat kedudukan 20-16.

Satu poin tersisa pun kemudian dilahap dengan mudah dari pasangan yang mencapai babak perempat final di dua turnamen awal tahun tersebut.

Fajar/Rian menutup gim pertama dengan kemenangan 21-16.

Memasuki gim kedua, Fajar/Rian mengawali gim dengan keunggulan 2-0. Namun, setelahnya pasangan Taiwan itu mengamuk dengan mencetak lima beruntun untuk mengubah skor menjadi 5-2.

Fajar/Rian yang semula tertinggal kemudian perlahan menemukan permainan terbaiknya kembali.

Fajar/Rian menyamakan skor 6-6 dan kemudian mengambil alih jalannya gim dengan keunggulan 9-7 serta berlanjut memimpin 11-9 di interval.

Seusai interval, Fajar/Rian semakin percaya diri dengan memetik poin demi poin yang disertai sorakan pendukung sendiri yang memenuhi Istora Senayan.

Fajar/Rian lalu memimpin jauh 19-14 sebelum puncaknya smash kencang Rian yang gagal dihalau pasangan peringkat 17 dunia itu memastikan satu tiket ke babak 16 besar.

Pada babak 16 besar, Fajar/Rian akan menjamu pasangan Malaysia Man Wei Chong/Kai Wun Tee yang pada babak 32 besar menyingkirkan wakil Denmark Andreas Sondergaard/Jesper Toft melalui rubber game 17-21, 21-10, 21-14.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya