SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Durban--Belanda semakin percaya diri di Piala Dunia (PD) 2010 Afrika Selatan (Afsel) menyusul kemenangan mengesankan 2-1 atas Slowakia sekaligus memastikan satu tiket perempat final.

Bertarung di Stadion Moses Mabhida, Durban, Senin (28/6), di bawah tatapan 61.962 pasang mata, gol kemenangan Tim Oranje Belanda dicetak oleh Arjen Robben pada menit ke-18 dan Wesley Sneijder menit ke-84. Sedangkan satu-satunya gol balasan Slowakia diciptakan oleh Robert Vittek pada menit ke-90+4 melalui titik penalti.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

Pertandingan seakan menjadi ajang unjuk penampilan bagi Robben setelah sembuh dari cedera hamstring yang didapat saat melawan Hungaria di laga pemanasan beberapa waktu lalu.

“Ini merupakan hari yang sangat menyenangkan. Jika Anda berada di Piala Dunia, ini sungguh menyenangkan. Kami tak tampil dengan permainan terbaik hari ini, namun yang terpenting kami lolos (ke perempat final),” kata Robben seusai pertandingan.

“Yang lebih penting lagi adalah ini pertandingan pertama saya. Hanya tiga pekan setelah saya mengalami cedera. Tak banyak waktu, memang. Hari ini saya benar-benar dalam kondisi bagus, mungkin tak 100 persen tapi saya merasa baikan,” lanjut Robben.

Kemenangan ini membuat Belanda akan berhadapan dengan pemenang antara Brazil melawan Cile yang baru bermain dini hari tadi. “Saya rasa kami harus lebih baik lagi di perempat final nanti. Kami harus bermain beda dibanding hari ini (kemarin),” tegas gelandang asal klub Bayern Munich ini.

Pada laga tadi malam, wasit Alberto Undiano asal Spanyol mengeluarkan lima kartu kuning masing-masing untuk Robben pada menit ke-31, Maarten Stekelenburg di menit ke-90+2 dan sisanya untuk pemain Slowakia yaitu Juraj Kucka menit ke-40, Kopunek menit ke-63 serta Martin Skrtel pada menit ke-84.

Dari statistik pertandingan, Belanda memang unggul dalam penguasaan bola dengan 52 persen berbanding 48 persen. Selain itu, tembakan ke arah gawang juga masih milik Belanda dengan 16 tendangan, sedangkan Slowakia hanya 12 tembakan. Dari jumlah itu, sembilan tembakan para pemain Belanda menemui sasaran gawang lawan dan hanya tiga tendangan yang dilepaskan Slowakia mampu mengarah ke target gawang yang dikawal Stekelenburg.

Susunan pemain
Belanda 1-Maarten Stekelenburg; 2-Gregory van der Wiel, 3-John Heitinga, 4-Joris Mathijsen, 5-Giovanni van Bronckhorst; 7-Dirk Kuyt, 6-Mark van Bommel, 10-Wesley Sneijder (20-Ibrahim Afellay 90+2), 8-Nigel de Jong, 11-Arjen Robben (17-Eljero Elia 71); 9-Robin van Persie (21-Klaas-Jan Huntelaar 80)

Slowakia 1-Jan Mucha; 2-Peter Pekarik, 3-Martin Skrtel, 16-Jan Durica, 5-Radoslav Zabavnik (14-Martin Jakubko 88), 7-Vladimir Weiss, 15-Miroslav Stoch, 17-Marek Hamsik (10-Marek Sapara 87), 11-Robert Vittek, 19-Juraj Kucka, 18-Erik Jendrisek (20-Kamil Kopunek 71)

JIBI/SOLOPOS/who/Rtr

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya