Kalahkan Jerman 2-1, Ternyata Ini Kunci Kemenangan Jepang

Jepang membuat kejutan di Piala Dunia 2022 dengan mengalahkan juara dunia empat kali Jerman 2-1 di Khalifa Stadium, Rabu (23/11/2022) malam.

 Pemain Jepang Daichi Kamada (kiri) dan Ritsu Doan merayakan gol ke gawang Jerman pada laga perdana Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Ar-Rayyan, Rabu (23/11/2022) malam WIB. (Twitter @FIFAWorldCup)

SOLOPOS.COM - Pemain Jepang Daichi Kamada (kiri) dan Ritsu Doan merayakan gol ke gawang Jerman pada laga perdana Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Ar-Rayyan, Rabu (23/11/2022) malam WIB. (Twitter @FIFAWorldCup)

Solopos.com, JAKARTA—Jepang membuat kejutan di Piala Dunia 2022 dengan mengalahkan juara dunia empat kali Jerman 2-1 di Khalifa Stadium, Rabu (23/11/2022) malam. Ini merupakan kemenangan Jepang pertama atas Jerman.

Pelatih Jepang Hajime Moriyasu menggambarkan kemenangan comeback Jepang 2-1 melawan Jerman sebagai momen bersejarah. “Saya percaya ini adalah momen bersejarah, kemenangan bersejarah. Jika saya memikirkan perkembangan sepak bola Jepang, kami telah membangunnya. Ini kejutan besar dan kami sekarang mencapai standar global,” ungkapnya dikutip dari The Guardian pada Kamis (24/11).

PromosiTokopedia Card Jadi Kartu Kredit Terbaik Versi The Asian Banker Awards 2022

Kemenangan itu juga sebenarnya tidak lepas dari strategi jitu Moriyasu. Mantan pemain Sanfrecce Hiroshima ini menerapkan formasi 4-4-1-1 di babak pertama. Jepang mengandalkan agresivitas para pemainnya seperti Junya Ito dan Takefusa Kubo untuk menggedor pertahanan Jerman.

Baca Juga: Data dan Fakta Menarik Jelang Laga Piala Dunia 2022 Belgia vs Kanada

Sementara, di lini depan, Moriyasu mengandalkan kreativitas dari Daichi Kamada yang moncer bersama klub Bundesliga Eintracht Frankfurt serta striker Glasgow Celtic, Daizen Maeda. Hasilnya, pada menit-menit awal Jepang sempat mencetak gol hasil dari sontekan Daizen Maeda yang kemudian dianulir wasit karena offside.

Namun, agresivitas Jepang dibalas oleh Jerman yang juga kerap kali merepotkan pertahanan tim Samurai Biru itu.

Di lini pertahanan, Jepang memasang dua full back senior yakni Hiroki Sakai yang pernah berseragam Marseille dan Yuto Nagatomo yang pernah membela Inter Milan. Hasilnya, Jerman berhasil menguasai pertandingan.

Baca Juga: Babak Pertama Rampung, Tim Panser Jerman Gilas Jepang 1-0

Lalu, melalui penalti Ilkay Gündogan pada menit ke-33, Jerman berhasil memimpin babak pertama dengan skor 1-0. Ketertinggalan dari Jerman membuat Moriyasu memutar otak dan mengganti formasi pada babak kedua.

Samurai Biru beralih dari formasi 4-4-1-1 menjadi 3-4-3. Takefusa Kubo yang bermain di sisi kiri Jepang digantikan oleh bek tangguh asal Arsenal, Takehiro Tomiyasu pada menit ke-46. Masuknya Tomiyasu membuat Jepang mempunyai tiga bek yang mengawal lini pertahanan babak kedua, yakni Tomiyasu, Maya Yoshida, dan Ko Itakura.

Formasi ini membantu memberikan stabilitas tambahan di lini belakang serta opsi passing keluar dari pertahanan. Kemudian, dalam membantu serangan, Moriyasu memasukan Kaoru Mitoma dan Takuma Asano menggantikan Nagatomo serta Daizen Maeda.

Baca Juga: Hasil Piala Dunia 2022, Maroko Paksa Kroasia Imbang Tanpa Gol

Pada menit ke-71, Ritsu Doan pun masuk menggantikan Ao Tanaka. Lalu, Takumi Minamino masuk menggantikan Hiroki Sakai. Hasilnya, serangan tajam dari sisi kiri membuka jalan bagi Ritsu Doan untuk mencetak gol melalui rebound.

Serangan terus digencarkan oleh Jepang dan pada menit 83, penetrasi Takuma Asano berhasil membuahkan gol serta menjadi penentu kemenangan Jepang. “Ini adalah tiga poin besar bagi kami dan itu bukan pertandingan yang mudah. Kami mengadopsi pertahanan man-to-man di babak kedua dan berhasil. Itu sebabnya kami bisa menang,” kata Tomiyasu dikutip dari ESPN.

Kemenangan Jepang atas Jerman ini menjadi modal untuk melaju ke fase 16 besar. Jepang kini berada di klasemen kedua di bawah Spanyol yang menang 7-0 melawan Kosta Rika. Selanjutnya Jepang akan menghadapi Kosta Rika pada Minggu (27/11).

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Ternyata ini Kunci Kemenangan Jepang Atas Tim Panser

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Bisakah Skenario Messi vs Ronaldo Tercipta di Final Piala Dunia 2022?

      Skenario pertarungan pamungkas Piala Dunia 2022 antara dua pemain hebat di senja karier spektakuler mereka, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

      Jadwal Siaran Langsung Pertandingan BWF World Tour Finals 2022 Hari Ini

      Wakil Indonesia akan menjalani pertandingan penentuan hari ini untuk bisa lolos ke babak semifinal BWF World Tour Finals 2022.

      Jadwal Piala Dunia 2022 Malam Ini: Kroasia vs Brasil, Belanda vs Argentina

      Piala Dunia 2022 kembali bergulir malam setelah rehat dua hari jelang laga perempat final yang mempertemukan Kroasia vs Brasil dan Belanda vs Argentina.

      Louis van Gaal: Total Football atau Winning Football?

      Louis van Gaal dikritik karena permainan Belanda membosankan, namun sepak bola yang eye-catching bukanlah jaminan mendapatkan gelar.

      Jelang Perempat Final Inggris vs Prancis, Walker: Jangan Hanya Fokus Mbappe!

      Jelang babak perempat final Piala Dunia 2022 Inggris vs Prancis, Kyle Walker mengatakan timnya tidak boleh terlalu fokus mengawal Kylian Mbappe.

      Persis Solo Kirim Perwakilan ke Resepsi Pernikahan Kaesang, Ini Alasannya

      Skuad Persis Solo siap memberikan hasil positif dalam pertandingan yang berbarengan dengan resepsi pernikahan Kaesang, Minggu (11/12/2022).

      Skuad Persis Solo Tak Bisa Hadiri Tasyakuran Pernikahan, Ini Pesan Kaesang

      Laga Persis Solo Vs Arema FC berbarengan dengan resepsi pernikahan Kaesang Pangarep yaitu pada Minggu (11/12/2022).

      32 Tim Sekolah Dasar Berebut Gelar Juara Milku Futsal Tournament, Ini Daftarnya

      Milku Futsal Tournament di lapangan futsal Budi Langgeng, Sawahan, Ngemplak, Kabupaten Boyolali,  pada 10-11 Desember 2022, diikuti tim-tim terbaik dari sekolah dasar di Soloraya.

      Hasil Liga 1: Hajar Bhayangkara FC 3-0, Bali United Tempel PSM Makassar

      Bali United FC terus menempel PSM Makassar di puncak klasemen Liga 1 2022-2023 seusai menang telak atas Bhayangkara FC 3-0 pada pekan ke-13 di Stadion Manahan. 

      Klasemen Lengkap BWF World Tour Finals 2022, Ganda Putra Indonesia Berkuasa

      Indonesia punya harapan besar dari klasemen sektor tunggal putra dan ganda putra untuk lolos ke babak semifinal BWF World Tour Finals 2022.

      Hasil Liga 1: PSS Sleman Kalah Lagi, Seto Sebut Alarm Bahaya

      PSS Sleman kembali menelan kekalahan di ajang Liga 1 2022-2023 seusai dikalahkan Madura United 0-1.

      Hasil BWF World Tour Finals Hari Ini: Fajar/Rian-Hendra/Ahsan Belum Terkalahkan

      Dua ganda putra Indonesia sama-sama sudah meraih dua kemenangan dari dua pertandingan di penyisihan grup BWF World Tour Finals 2022.

      Tim Juara Raih Rp656 Miliar, Ini Perincian Hadiah Piala Dunia 2022

      Seluruh tim peserta Piala Dunia 2022 pun mendapat hadiah berupa uang tunai yang berbeda-beda jumlahnya, dengan juara Rp656 miliar.

      Kabar Angkat Besi: Eko Yuli Raih Perak Kejuaraan Dunia di Kolombia

      Eko Yuli bersaing dengan musuh bebuyutannya asal China, Li Fabin, di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022.

      3 Duel Kunci Inggris vs Prancis di Perempat Final Piala Dunia 2022

      3 Duel kunci juara bertahan Prancis akan menghadapi runner-up Euro 2020 Inggris di perempat final Piala Dunia 2022.