Rinus Michels (neuck.com)

Solopos.com, PARIS - Siapakah yang layak disebut sebagai pelatih sepak bola terbaik sepanjang sejarah? Jika pertanyaan itu diajukan kepada majalah Prancis, France Football, maka jawabannya adalah Rinus Michels.

Ya, pelatih legendaris asal Belanda tersebut dinobatkan France Football sebagai pelatih terbaik sepanjang masa. Dia mengungguli Sir Alex ferguson yang memenangi 13 trofi Liga Premier dan dua titel Liga Champions bersama Manchester United.

Michels meninggal pada Maret 2005. Tangan dinginnya terus dikenang karena keberhasilannya mempersembahkan trofi untuk beberapa klub di lintas negara, yakni Jerman, Spanyol, dan Belanda. Sampai akhirnya dia menutup karier manajerialnya dengan menangani Timnas Belanda pada 1990-1992.

Saat masih menakhodai Ajax, Michels mempersembahkan delapan trofi termasuk empat gelar Eredivisie dan satu titel Piala Champions. Dia kemudian menyuguhkan gelar Liga Primera kepada Barcelona dan menyumbang trofi DFB Pokal untuk FC Koln.

Sedangkan bersama Timnas Belanda, Michels membawa De Oranje meraih juara Euro 1986 dan menjadi runner-up Piala Dunia 1974. Michels juga pernah dinobatkan sebagai Pelatih Terbaik Abad Ini oleh FIFA pada 1999 lalu. Itu karena kejeniusan Michels membawa sepak bola Belanda sangat dominan pada 1970-an.

France Football menempatkan Michels di atas Ferguson yang bertengger di peringkat kedua dalam daftar pelatih terbaik sepanjang masa. Sementara peringkat ketiga dan keempat masing-masing diduduki Arrigo Sacchi dan Johan Cruyff.

Yang menarik dari daftar yang dirilis France Football itu, nama Josep "Pep" Guardiola terselip di antara para pelatih legendaris. Pria berusia 48 tahun tesebut menduduki peringkat kelima. Guardiola yang sedang dalam misi mempersembahkan gelar Liga Inggris kepada Manchester City secara back-to-back itu memang memiliki karier kepelatihan sangat cemerlang meski baru berusia muda.

Sementara Jose Mourinho hanya menduduki peringkat ke-13. Sedangkan Zinedine Zidane yang mengantar Real Madrid meraup hattrick juara Liga Champions berada di urutan ke-22. Pesaing Guardiola di Liga Premier, Jurgen Klopp berada di posisi ke-27. Sejak didatangkan Liverpool ke Anfield pada Oktober 2015, Klopp belum pernah mempersembahkan gelar untuk tim asal Merseyside. Namun kehadirannya sangat penting di Anfield.

Klopp menggairahkan kembali permainan Liverpool yang sempat lesu. Kedekatan emosionalnya dengan pemain dan penonton membuat pelatih berkacamata ini menjadi kesayangan publik Anfield. Sedangkan pelatih legendaris Liverpool, Bill Shankly, masuk jajaran 10 besar sebagai pelatih terhebat sepanjang sejarah versi France Football. (Hanifah Kusumastuti/JIBI)

Pelatih Terbaik Sepanjang Masa Versi France Football (15 Besar)
1. Rinus Michels
2. Sir Alex Ferguson
3. Arrigo Sacchi
4. Johan Cruyff
5. Pep Guardiola
6. Valeriy Lobanovski
7. Helenio Herrera
8. Carlo Ancelotti
9. Ernst Happel
10. Bill Shankly
11. Matt Busby
12. Giovanni Trapattoni
13. Jose Mourinho
14. Miguel Munnoz
15. Brian Clough

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten