SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KHARKIV — Portugal memastikan diri lolos ke perempatfinal setelah mengalahkan Belanda 2-1 di laga terakhir Grup B. Cristiano Ronaldo tampil cemerlang dengan memborong dua gol.

Bertanding di Metalist Stadium, Senin (18/6/2012) dinihari WIB, Belanda berhasil memimpin lebih dahulu melalui Rafael van der Vaart sebelum di balas oleh Portugal melalui Ronaldo.

Ekspedisi Mudik 2024

Pasca turun minum, Portugal berhasil menciptakan gol tambahan melalui Ronaldo sekaligus mengantongi tiket lolos ke babak knock out.

Dengan hasil ini, Portugal tampil menjadi runner-up grup dengan nilai enam, mendampingi Jerman yang di pertandingan lainnya sukses menang atas Denmark dengan skor yang sama.

Sedangkan kekalahan ini praktis membuat Belanda tersingkir dari turnamen dengan perolehan nihil poin hasil tiga kali berlaga. Belanda juga menduduki peringkat terakhir grup di bawah Denmark dengan nilai tiga.
Di babak delapan besar, Portugal akan bertemu dengan juara Grup A, Republik Ceko pada 21 Juni.

Dalam pertandingan itu, peluang pertama Belanda datang di menit keempat. Gregory van der Wiel mengirim umpan silang dan memantul kepada Wesley Sneijder. Bola diteruskan dengan tembakan kaki kiri tapi cuma bersarang di samping gawang.

Belanda lantas memimpin 1-0 di menit 11. Dari tusukan Arjen Robben di sisi kanan, bola dioper kepada Van der Vaart. Dari luar kotak penalti, ia melepas tendangan melengkung yang menaklukkan kiper Rui Patricio.

Sejumlah ancaman Portugal daang bertubi-tubi setelahnya. Berawal dari kesalahan Van der Wiel, bola didapatkan Helger Prostiga. Dalam posisi terbuka ia melepas tembakan namun melebar tipis.

Ronaldo memperoleh umpan silang dari kanan, Ronaldo menyambut bola dengan sundulan. Kiper Maarten Stekelenburg menepisnya kuat-kuat.

Serangan bertubi-tubi Portugal akhirnya membuahkan hasil di menit 28. Sang bintang sekaligus kapten, Ronaldo membobol gawang Belanda setelah menerima umpan terobosan cantik dari Joao Perreira. Skor kini 1-1.

Hingga sisa waktu menuju akhir babak kedua, tidak ada gol lain yang tercipta. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Pasca restart, Belanda dan Portugal saling membalas serangan. Di menit 60, Helder Postiga menyarangkan bola ke gawang Stelekenburg namun gol dibatalkan lantaran si pemain berada dalam posisi offside.

Di menit 66, pergerakan bagus Ronaldo mengirim operan kepada Fabio Coentrao. Dari batas kotak penalti, Coentrao menendang bola tapi Stekeleburg masih bisa menepisnya.

Portugal membalikkan keadaan di menit 74. Ronaldo mencetak gol keduanya untuk membawa timnya kini memimpin 2-1. JIBI/SOLOPOS/Detikcom

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya