SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KULONPROGO—Mangkirnya Wakil Bupati Kulonprogo Moelyono dari pekerjaannya sejak dirinya kalah dalam Pemilukada lalu, menimbulkan pertanyaan, khususnya dari anggota dewan.

Suharto, salah satu anggota Komisi I DPRD Kulonprogo mengaku sangat menyayangkan ulah Moelyono yang terkesan menghilang terutama setelah KPU mengumumkan hasil penghitungan pemilihan umum.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Dikatakannya, meski hanya sebagai Wakil Bupati, sebenarnya sudah ada pembagian tugas dan wewenang antara bupati dan wakil bupati.

Oleh karena itulah, jika Moelyono tidak hadir dalam kesehariannya sebagai Wakil Bupati, dikhawatirkannya hal tersebut bisa berdampak negatif. ”Tidak hanya pada pencitraan beliau di masyarakat, khususnya lagi pada kualitas pelayanan publik,” ujarnya hari ini.

Ia juga mempertanyakan komitmen calon bupati yang diusung oleh Partai Demokrat tersebut untuk bisa menjunjung tinggi janji dan sumpah yang diucapkannya sendiri saat ditetapkan sebagai peserta Pemilukada. ”Dulu mereka kan bersumpah akan siap menang, dan siap kalah,” tukasnya.

Budi Wibowo, Sekda Sektretariat Daerah Kulonprogo, saat dihubungi, menyayangkan sikap dewan yang terkesan acuh terhadap ulah Moelyono tersebut.

Menurutnya, sebagai pihak yang berwenang dalam penetapan dan pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati, DPRD Kulonprogo harusnya bersikap aktif menyikapi permasalahan ini. Terlebih lagi masa jabatan Moelyono terbilang tinggal beberapa hari lagi. ”Tanggal 24 Agustus mendatang, beliau kan sudah habis masa jabatan,” tuturnya.

Terpisah, Mulyono, saat dihubungi melalui telepon membantah jika dirinya dikatakan mangkir. Dengan tegas, dirinya mengatakan bahwa memang sejak penetapan hasil pemilihan umum, dirinya jarang terlihat di lingkungan kedinasan Kabupaten Kulonprogo. ”Itu bukan karena saya mangkir, tapi karena kesibukan saya yang selama Pilkada banyak saya pending,” ujarnya.(Harian Jogja/Arief Junianto)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya