Kategori: Sukoharjo

Kalah dari EA di Quick Count Pilkada Sukoharjo 2020, Begini Respons Joswi


Solopos.com/R Bony Eko Wicaksono

Solopos.com, SUKOHARJO – Hasil hitung cepat pada Pilkada Sukoharjo 2020 menunjukkan pasangan Joswi kalah dari EA. Hasil itu berdasarkan quick count kedua kubu yang dilakukan, Rabu (91/2/2020).

Ketua Tim Kampanye Joswi, Eko Sapto Purnomo, mengatakan masyarakat Sukoharjo telah melewati perjalanan panjang dalam pesta demokrasi terbesar lima tahunan. Sapto menghormati hasil hitung cepat atau quick count suara dari berbagai sumber.

Namun, tim kampanye Joswi tetap menunggu hasil pleno rekapitulasi penghitungan suara dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo.

Sapto meminta para sukarelawan dan simpatisan Joswi agar mengawal proses penghitungan suara oleh penyelenggara pemilu.

"Kami akan menunggu dan mengawal proses penghitungan suara yang dilakukan KPU Sukoharjo," kata dia, Rabu malam.

Pilkada Sukoharjo 2020: Ketat, Perolehan Suara EA vs Joswi Beda Tipis! Ini Angkanya

Sebelumnya Joko Paloma sempat mengklaim Joswi unggul di tujuh kecamatan di Sukoharjo. Hal itu dia sampaikan saat menggunakan hak pilih di TPS 14, Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura, Sukoharjo.

Hasil penghitungan suara di kubu Joswi saat ini belum selesai. Berdasarkan  data yang diperoleh Solopos.com, pukul 16.45 WIB, total suara yang masuk ada 70,08% atau berasal dari 1.244 TPS di Sukoharjo. Hasil penghitungan itu juga menunjukkan EA menang tipis denngan perolehan 180.119 suara atau 50,996%. Sedangkan Joswi mendapat 173.321 suara atau 49,04%.

Sementara merujuk real count PPDIP, pasangan nomor urut satu unggul tipis dengan perolehan 53,35 suara persen. Sementara pasangan cabup-cawabup Joko Santosa “Paloma” dan Wiwaha Aji Santosa (Joswi) sebesar 46,65 persen. Sedangkan suara tidak sah 25.186.

6 Anggota Laskar DItembak Mati, Habib Rizieq: Saya Bangga, Mereka Pemberani

Share