SOLOPOS.COM - Gunung Lawu (Mariyana Ricky P.D./JIBI/Solopos/dok)

Seorang pendaki terkilir saat turun dari puncak Gunung Lawu.

Solopos.com, KARANGANYAR — Sukarelawan Ceto (Reco) mengevakuasi satu pendaki perempuan asal Baki, Sukoharjo, Hesti, 22, dari puncak Gunung Lawu, pada Minggu (22/10/2017) sore. Anggota Reco menandu Hesti yang sakit.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Informasi yang dihimpun  dari berbagai sumber, Hesti terpaksa ditandu karena kaki kiri terkilir saat perjalanan turun dari puncak Gunung Lawu. Selain terkilir, kondisi Hesti lemas karena diduga kelelahan dan menahan nyeri pada kaki.

Ekspedisi Mudik 2024

Sekretaris Reco, Dewangga Kris Winarno, membenarkan adanya kejadian itu. Dia menambahkan sebanyak 12 orang anggota Reco menjemput korban di atas pos 1. Mulai dari situ, Reco menandu korban hingga basecamp Reco.

Menurut Dewangga, Hesti dan rombongan berjumlah sembilan orang melapor hendak mendaki ke Gunung Lawu pada Minggu dini hari.

“Mereka pendaki tercatat. Izin hendak mendaki. Datang Minggu dini hari jam 00.00 WIB lebih dikit. Naik lewat jalur pendakian Candi Ceto. Lalu turun lagi lewat jalur pendakian Ceto,” kata Dewangga saat dihubungi, Senin (23/10/2017).

Menurut Dewangga, Reco menerima informasi perihal kondisi Hesti saat dua orang rekan korban datang ke basecamp.

“Informasi awal, korban di pos 3. Kami naik. Ternyata korban masih bisa jalan. Kami papasan di atas pos 1. Kondisinya lemas, dipapah temennya. Informasinya sakit karena jatuh, terpeleset, dan kelelahan. Kami tandu sampai basecamp,” tutur dia.

Tetapi, Hesti tidak dibawa ke puskesmas setempat maupun rumah sakit. Korban pulang berboncengan dengan salah satu rekannya. “Sampai basecamp langsung dibawa pulang ke rumah. Enggak dibawa ke rumah sakit katanya enggak mau,” jelas dia.

Dewangga mengingatkan kepada seluruh pendaki agar menyiapkan fisik, mental, dan perbekalan maupun peralatan penunjang sebelum mendaki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya