SOLOPOS.COM - Maserati Bora/Maserati

Solopos.com, JAKARTA -- Maserati, produk otomotif legendaris asal Italia memperingati hari jadi ke-50 varian Bora. Varian Bora adalah mobil pertama Maserati yang berpenggerak roda belakang dengan posisi mesin di tengah badan mobil.

Perjalanan Bora selama 50 tahun, juga ditandai dengan berbagai aktivitas dan menghadirkan sisi unik dan sporty yang menjadi ciri khas kendaraan itu. Maserati Bora telah mewariskan struktur mesin yang sama kepada penerusnya, Tipo 63, yang diperkenalkan pada 1961, diikuti dengan MC12 dan saat ini diteruskan oleh MC20.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mengutip laman resmi Maserati, dan ditulis Antaranews, Rabu (17/3/2021), Bora kali pertama muncul pada ajang Geneva International Motor Show 1971. Kendaraan ini diproduksi sampai dengan 1978, hingga saat itu Bora memiliki populasi 564 mobil.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga : Bukan Antonov An 124-100 Yang Terbesar, Karena Pesawat Inilah Rajanya

Untuk mengikuti tren yang sedang berkembang pada saat itu, Maserati meminta bantuan Giorgetto Giugiaro dari Italdesign. Mereka pun menghadirkan mobil sport bermesin tengah dengan peningkatan kinerja, desain, kenyamanan, dan keselamatan.

Mesinnya telah dicoba dan diuji 4.700 cc V8 yang menghasilkan 310 tenaga kuda pada 6.000 rpm (akan digabungkan dengan unit 4.900 cc dua tahun kemudian), dipasang memanjang pada subframe yang dipasang pada monocoque.

Maserati Bora/Maserati
Maserati Bora/Maserati

Fitur yang khas dari mobil ini adalah lampu depan yang dapat ditarik untuk mencegah tarikan aerodinamis. Ada pula suspensi independen di semua roda (untuk pertama kalinya di Maserati). Kemudian rem cakram, kopling cakram tunggal, gearbox 5-percepatan, dan teleskopik, serta peredam suspensi.

Baca Juga : Jam Tangan Mekanis Tertipis Jatuh Pada Piaget Atlitplano Ultimate Concept

Bora menggabungkan kenyamanan dan kinerja serta memiliki kecepatan tertinggi lebih dari 280 km/jam. Bora memastikan kenikmatan berkendara yang luar biasa berkat respons mesin yang luar biasa lincah dan interior yang senyap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya