SOLOPOS.COM - Dobri Dobrev (reddit.com)

Solopos.com, SOFIA — Nama Dobri Dobrev cukup populer di kota kelahirannya, Sofia, Bulgaria. Kakek berusia 99 tahun ini adalah seorang pengemis yang biasa mangkal di depan Gereja Katedral Alexander Nevsky, Safia. Dobri melakukannya untuk menghidupi anak-anak di panti asuhan.

Seperti dilaporkan Huffingtonpost, Minggu (30/3/2014), Dobri kehilangan pendengaran saat Perang Dunia II meletus. Untuk itu ia sulit sekali mendapatkan pekerjaan baru. Uang pensiunan yang diterimanya tak cukup untuk dipakai membeli rumah atau memberikannya hidup layak. Akhirnya, Dobri memilih tinggal di jalan.

Promosi Video Uang Hilang Rp400 Juta, BRI: Uang Diambil Sendiri oleh Nasabah pada 2018

Ada hal yang tak banyak diketahui orang soal Dobri. Meski dikenal sebagai pengemis, ternyata Dobri tak menyimpan satu senpun hasil mengemisnya setiap hari. Ia menggunakan uang itu untuk memperbaiki gereja-gereja, biara-biara, serta menyumbang untuk anak-anak di panti asuhan.

Pria yang hidup dalam kesederhanaan itu mendapat uang pensiun bulanan sebesar 80 euro atau sekitar Rp1,2 juta. Uang itulah yang kemudian dipergunakannya untuk menyambung hidup. Pria itu mengatakan kepadanya bahwa dia dulu pernah melakukan hal buruk dan sekarang dia mencoba untuk menebus dosanya di masa lalu dengan membantu orang lain.

Menurut video yang dirilis oleh Katedral St Alexander Nevsky, Dobri pernah menyumbang 35.700 lev atau sekitar Rp283 juta kepada gereja tersebut. Dia juga memberikan uang kepada panti asuhan di sekitar kotanya untuk membantu mereka membayar tagihan listrik.

“Kita tidak harus berbohong, atau mencuri, atau berzina. Kita harus saling mengasihi seperti Allah mengasihi kita.” Kata Dobri dalam sebuah Film dokumenter yang diproduksi pada tahun 2000.

Dobri yang tinggal lebih dari 24 km di luar kota Sofia, awalnya berjalan kaki ketika berangkat mengemis. Namun, belakangan pria itu bergantung pada bus karena kondisi fisiknya yang tak lagi bugar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya