Kajen Fokus ke Wilayah Langganan Banjir

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi menitik beratkan perhatian ke lokasi langganan banjir di daerahnya saat musim penghujan ini.

 Bupati Pekalongan Asip Kholbihi meninjau lokasi banjir di Desa Sipacar, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalonan, Jawa Tengah. (Antara-Kutnadi)

SOLOPOS.COM - Bupati Pekalongan Asip Kholbihi meninjau lokasi banjir di Desa Sipacar, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalonan, Jawa Tengah. (Antara-Kutnadi)

Solopos.com, KAJEN — Pemerintah Kabupaten Pekalongan akan fokus pada penanganan banjir di sejumlah titik yang menjadi langganan banjir saat memasuki musim penghujan. Perhatian pemerintah daerah yang beribu kota di Kajen itu bakal tertuju pada titik-titik seperti Desa Sipacar atau di sekitar bantaran Sungai Meduri, Kecamatan Tirto.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, Minggu (5/1/2020), mengatakan bahwa setiap memasuki musim penghujan, potensi banjir masih terus mengancam wilayah sekitar bantaran Sungai Meduri. Maklum saja, kondisi sungai itu selama ini tidak mampu menampung luapan air hujan.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

“Selama ini titik akumulasi air hujan maupun saluran pembuangan air dari rumah warga yang mengakibatkan potensi air sungai meluap ke permukiman warga dan jalur pantura. Oleh karena kita perlu penanganan khusus agar wilayah Kabupaten Pekalongan tidak ada yang tergenang,” katanya.

Menurut dia, hingga saat ini sebagian besar kondisi wilayah Kabupaten Pekalongan masih aman. Tanggul rob dan pompa air dinyatakannya masih beroperasi baik sebagaimana mestinya.

“Oleh karena, menurut saya [kondisi wilayah yang masih tergenang air ini] maka tahun depan harus sudah selesai [dikerjakan] semua. Hal ini tentunya akan membutuhkan mapping [pemetaan] yang jelas,” katanya.

Asip mengingatkan warga agar terus meningkatkan kewaspdaan terhadap potensi bencana karena kondisi curah hujan masih cukup tinggi. “Meski saat ini kondisi wilayah masih aman namun kami berharap pada [musim penghujan ini] warga meningkatkan kewaspadaannya terhadap bahaya banjir dan bencana lainnya,” katanya.

Ia menambahkan bagi aparatur di tingkat desa, kecamatan, dan kabupaten diminta harus terus siap siaga untuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan bersama.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber: Antara

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Sebelum jadi Alat Pengendali Massa, Gas Air Mata Dipakai dalam Perang Dunia I

      Sebelum jadi Alat Pengendali Massa, Gas Air Mata Dipakai dalam Perang Dunia I

      Dewasa ini gas air mata dipakai aparat untuk membubarkan massa yang berpotensi menimbulkan keributan seperti saat terjadi demonstrasi. Jauh sebelum itu, gas air mata pernah dipakai sebagai salah satu kelengkapan persenjataan dalam Perang Dunia I.

      Berita Terkini

      Perluas Dakwah, Muhammadiyah Sidorejo Salatiga Lantik 5 Pimpinan Ranting

      Untuk kali pertama terbentuk Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) di Kota Salatiga. PRM ini berada di bawah naungan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Sidorejo.

      Selamat! Ini Para Pemenang Lomba Pos Ronda di Kabupaten Banyumas

      Lomba Pos Ronda Beda Masa Satu Rasa, Merdeka...!!! ini mencakup empat wilayah kecamatan di Banyumas.

      Misteri Makam di SMP 38, Petilasan Ki Ageng Pandan Arang Saat Dirikan Semarang

      Petilasan makam yang ada di kompleks SMP Negeri 38 Semarang diyakini merupakan peninggalan Ki Ageng Pandan Arang dan jadi awal mula lahirnya Kota Semarang.

      Seru, Kesenian Gambang Semarang Tempo Doeloe Hipnotis Pengunjung Kota Lama

      Pertunjukan Gambang Semarang tempo dulu, yang dikemas secara utuh ditampilkan di kawasan Kota Lama Semarang, tepatnya di depan Gedung Oudetrap.

      Buron Usai Rekannya Meninggal, Pelaku Pengeroyokan Ojol di Semarang Ditangkap

      Satu pelaku pengeroyokan driver ojol di SPBU Majapahit, Kota Semarang, akhirnya diringkus setelah buron beberapa hari.

      Sepanjang 2022, 26 Juta Wisatawan Domestik Berlibur ke Jateng

      Kunjungan wisatawan domestik ke Jawa Tengah atau Jateng diklaim telah melampaui target yang telah dicanangkan pada tahun 2022 ini.

      Rumah BUMN Rembang, Sukses Bikin UMKM Kokoh dan Kian Berkembang

      Profil Rumah BUMN Rembang yang sukses membuat UMKM di Kabupaten Rembang jadi kokoh dan kian berkembang.

      Berani, Bocah 13 Tahun di Grobogan Gagalkan Aksi Jambret

      Seorang bocah berusia 13 tahun di Kabupaten Grobogan dengan berani menggagalkan aksi perampasan atau penjambretan HP miliknya.

      Operasi Zebra Candi Mulai Senin, Ini Lokasi Kamera ETLE di Salatiga

      Satlantas Polres Salatiga akan menambah pemasangan kamera ETLE di sejumlah lokasi saat pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2022 mulai Senin (3/10/2022).

      Siang Ini, 1000 Model Ramaikan Batik Spectra Nusantara di Kota Lama Semarang

      1.000 model yang terdiri dari pejabat tingkat daerah hingga nasional akan tampil berbusana batik dalam acara Batik Spectra Nusantara di Kota Lama Semarang.

      Cabuli Anak di Bawah Umur, Pemuda di Jepara Juga Sebar Video Mesum

      Seorang pemuda di Jepara melakukan perbuatan bejat dengan mencabuli anak di bawah umur dan menyebarkan video mesum ke medsos.

      131 Desa Wisata di Jateng Peroleh Bantuan Rp18,5 Miliar, Ini Perinciannya

      Sebanyak 131 desa wisata di Jateng pada tahun 2022 ini mendapat bantuan keuangan yang totalnya mencapai Rp18,5 miliar.

      Wingko Semarang Jadi Andalan Kota Semarang Atasi Demam Berdarah

      Pemkot Semarang menerapkan strategi pengembangbiakan nyamuk Wolbachia untuk menekan kasus demam berdarah melalui program Wingko Semarang.

      Brutal, Pemandu Karaoke Sunan Kuning Semarang Dikeroyok Rekan Seprofesi

      Aksi pengeroyokan dilakukan tiga pemandu karaoke atau PK Sunan Kuning Semarang terhadap satu rekan seprofesinya.

      Ternyata, Warga Argomulyo Salatiga Kesulitan Air Bersih Sejak Agustus

      Sejumlah warga di Kelurahan Randuacir, Kota Salatiga, mengeluhkan sulitnya mendapatkan kebutuhan air bersih sejak Agustus 2022 atau saat musim kemarau.

      Beli Jenglot Pakai Uang Palsu di Banjarnegara, Kakek asal Purworejo Ditangkap

      Seorang kakek asal Purworejo berniat membeli jimat berbentuk jenglot di Banjarnegara dengan menggunakan uang palsu.