Jajaran direksi PT KAI saat peluncuran Angkutan Terusan di Stasiun Tawang, Kota Semarang, Jumat (13/9/2019). (Semarangpos.com-PT KAI Daops IV Semarang)

Solopos.com, SEMARANG — Kabar gembira bagi warga Pati dan sekitarnya yang ingin menggunakan moda transportasi kereta api (KA). Mereka tidak perlu lagi susah payah berangkat dari Pati menuju ke Semarang hanya untuk naik kereta.

Saat ini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) IV Semarang telah menyediakan sarana transportasi bagi warga Pati yang ingin naik KA, berupa minibus jenis Isuzu Elf. Sarana transportasi yang diberi nama Angkutan Terusan ini angkutan terusan. Sarana transportasi berupa minibus jenis Isuzu Elf akan melayani penumpang yang berada di daerah Demak, Kudus, dan Pati yang selama ini tak terjangkau moda transportasi kereta api penumpang, khususnya di wilayah PT KAI Daops IV Semarang.

EVP PT KAI Daops IV Semarang, Mohamad Nurul Huda Dwi Santoso, mengatakan layanan Angkutan Terusan ini merupakan upaya perusahaannya memberikan pelayanan dan kemudahan bagi masyarakat Demak, Kudus, dan Pati yang ingin menggunakan jasa kereta api. Selain itu, Angkutan Terusan itu diadakan guna mendukung program Pemkot Semarang dan Pemprov Jateng dalam menggembangkan pariwisata di kawasan Kota Lama Semarang.

“PT KAI Daops IV dipercaya untuk mengelola Angkutan Terusan kepada pelanggan. Kami berkomitmen memberikan kenyamanan bagi para pelanggan selama perjalan dengan harga tiket yang terjangkau Rp60.000,” ujar Nurul Huda, Jumat (13/9/2019).

Angkutan Terusan milik PT KAI ini diluncurkan di Stasiun Tawang Semarang, Jumat pagi. Ada tiga unit angkutan terusan yang dioperasikan setiap harinya untuk melayani kebutuhan transportasi penumpang di wilayah Pati, Demak, dan Kudus.

“Dengan kapasitas tempat duduk sebanyak 12 tempat duduk di setiap kendaraan diharapkan bisa memberikan keleluasaan bagi para penumpangnya. Kendaraan yang digunakan adalah Isuzu Elf yang sudah dilengkapi dengan reclining seat, full AC,  [LCD TV  dan sound system], dan USB charger,” imbuh Nurul Huda.

Angkutan Terusan PT KAI Daops IV ini diprediksi membutuhkan waktu 3 jam-3,5 jam untuk perjalanan Semarang-Pati. Dalam sehari, Angkutan Terusan melayani lima kali perjalanan pulang-pergi mulai dari Stasiun Poncol pada pukul 02.15 WIB dan terakhir pukul 20.10 WIB.

Angkutan Terusan PT KAI Daops IV Semarang.

“Kami sangat bangga atas amanah yang diberikan oleh PT. KAI Daop 4 Semarang untuk mengelola Angkutan Terusan rute Semarang – Pati PP. Kami sangat mendukung program Angkutan Terusan ini. Bagi kami, mengelola Angkutan Terusan memberikan kesempatan kepada kami untuk terus berinovasi dan berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pelanggan setia kereta api,” ujar GM Transport PT Kereta Api Pariwisata, Parevin Marhaennianto.

Untuk pemesanan tiket Angkutan Terusan KAI Daops IV Semarang dengan rute Stasiun Semarang Tawang atau Stasiun Poncol ke Pati dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access. Tiket yang sudah dipesan tidak dapat dibatalkan, namun bisa di- reschedule.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten