Tutup Iklan

KAI Daops IV Operasikan Angkutan Terusan ke Demak, Kudus, dan Pati

PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daops) IV Semarang, Jumat (13/9/2019), meluncurkan angkutan terusan dengan rute Stasiun Semarang Tawang atau Stasiun Semarang Poncol menuju ke Kota Demak, Kudus, dan Pati pulang dan pergi (PP).

KAI Daops IV Operasikan Angkutan Terusan ke Demak, Kudus, dan Pati

SOLOPOS.COM - EVP PT KAI Daops IV Semarang Mohamad Nurul Huda Dwi Santoso (kedua kiri) melepas angkutan terusan rute Stasiun Semarang Tawang-Pati. (Bisnis-Alif Nazzala Rizqi)

Solopos.com, SEMARANG — PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daops) IV Semarang, Jumat (13/9/2019), meluncurkan angkutan terusan dengan rute Stasiun Semarang Tawang  atau Stasiun Semarang Poncol menuju ke Kota Demak, Kudus, dan Pati pulang dan pergi (PP). Program angkutan terusan ini dikelola oleh PT Kereta Api Pariwisata, anak perusahaan PT KAI.

EVP PT KAI Daops IV Semarang, Mohamad Nurul Huda Dwi Santoso, mengatakan peluncuran angkutan terusan ini merupakan upaya PT KAI untuk memberikan pelayanan dan kemudahan akses transportasi bagi masyarakat di sekitar Kota Demak, Kudus, dan Pati yang akan menggunakan jasa kereta. Selain itu, lanjutnya, peluncuran tersebut untuk mendukung program Pemkot Semarang dan Pemprov Jawa Tengah dalam pengembangan sektor pariwisata di kawasan Kota Tua Semarang dan sekitarnya.

“Tahap pertama pembelian tiket masih melalui aplikasi KAI Access, diharapkan nanti dalam sekali pembelian bisa include di dalamnya tiket kereta dengan angkutan terusan. Tapi itu nanti masih tahap pengembangan,” kata Huda.

Tiket angkutan terusan itu dijual dengan harga Rp60.000. Kendaraan yang digunakan adalah Isuzu Elf yang sudah dilengkapi dengan reclining seat, full AC, entertainment kit (LCD, TV, dan sound system), dan USB charger yang tersedia di setiap kursi. Isuzu Elf itu berkapasitas 12 tempat duduk di setiap kendaraan. Ruangan kabin kendaraannya juga selalu dijaga kebersihannya.

Waktu tempuh dari Semarang ke Pati adalah tiga jam sampai dengan 3,5 jam. Dalam sehari angkutan terusan melayani lima kali perjalanan (PP) dengan jadwal perjalanan pertama dari Stasiun Poncol dimulai pada jam 02.15 WIB dan jadwal perjalanan terakhir pada jam 20.10 WIB. Untuk pembukaan rute lain seperti Rembang dan Blora, masih melihat animo masyarakat. Begitu juga untuk angkutan terusan dari Stasiun Purwokerto menuju Wonosobo atau dari Stasiun Pekalongan menuju Dieng.

“Nanti lihat animo masyarakat bagaimana, sudah ada permintaan ke Blora, Rembang, harapannya nanti bisa ada pengembangan ke sana, sebagaimana juga Purwokerto menuju Wonosobo, atau ke depan dari Pekalongan ke Dieng, tergantung permintaan masyarakat,” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Pemilik Kapal di Pati Didorong Beri ABK Perlindungan Jamsostek

Pengusaha kapal perikanan di Pati didorong mendaftarkan anak buah kapal (ABK) menjadi peserta jaminan sosial ketenagakerjaan.

Penjualan Mobil di RI Tertinggi Kedua Se-Asean, Dampak PPnBM 0 Persen?

Kini Indonesia memperkuat posisinya dengan mencetak volume penjualan mobil tertinggi kedua se-Asean sepanjang Januari—April 2021.

Target Sasaran Vaksin Covid-19 di Kudus Jadi 607.063 Orang

Target sasaran vaksin Covid-19 di Kabupaten Kudus naik menjadi 607.063 orang dari sebelumnya hanya 127.063 orang.

Kasir Otaki Pencurian Rp74 Juta Milik UPK Gemilang Magelang

Seorang kasir di Unit Pengelola Keuangan (UPK) Gemilang Sejahtera Tempuran berinisial, Sj, 38, jadi otak pencurian uang senilai Rp74 juta.

Lirik Lagu Lingsir Wengi dan Terjemahannya Versi Didi Kempot

Di bawah ini terdapat lirik lagu yang kerap dikaitkan dengan horor, Lingsir Wengi versi sang maestro musik campursari, Didi Kempot.

Menilik Kuliner Opor Ayam Khas Pati yang Fenomenal

Pati punya hidangan khas lain berupa opor, salah satunya Opor Ibu Saudah yang dalam penyajiannya porsi potongan ayamnya besar-besar.

Ini Dia Daftar Perguruan Tinggi BUMN yang Kasih Beasiswa Plus Link Pendaftarannya

Sembilan perguruan tinggi BUMN menawarkan beasiswa kuliah kepada calon mahasiswa baru.

10 Berita Terpopuler : 1 dari 4 SMK Swasta Terbaik Nasional Ada di Solo – Kisah Warga Terjerat Pinjol

Ulasan tentang SMK swasta terbaik nasional hingga Coca Cola merugi masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

KA Nusa Tembini Digadang Angkat Pariwisata Banyumas

KA Nusa Tembini rute Cilacap-Yogyakarta pergi pulang (PP) yang akan diluncurkan pada 2 Juli 2021 diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan.  

Waduh! Covid-19 Meluas, Tambah 3 Kantor Desa di Polokarto Sukoharjo Lockdown

Seluruh pelayanan masyarakat dihentikan sementara setelah tiga kepala desa (Kades) di Polokarto dinyatakan positif Covid-19.

Kasus Covid-19 Sleman Melonjak, Hingga Pertengahan Juni Ada 59 Pasien Meninggal

Terjadi lonjakan kasus COvid-19 di Sleman. Begitu pula dengan angka kematian pasien Covid-19 yang meningkat.

Akses Layanan Kesehatan di Cilacap Tersulit di Jawa Tengah

Kabupaten Cilacap memiliki nilai tertinggi untuk kategori sangat sulit terkait akses pelayanan kesehatan  di Jawa Tengah.