KAI Daops IV Operasikan Angkutan Terusan ke Demak, Kudus, dan Pati

PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daops) IV Semarang, Jumat (13/9/2019), meluncurkan angkutan terusan dengan rute Stasiun Semarang Tawang atau Stasiun Semarang Poncol menuju ke Kota Demak, Kudus, dan Pati pulang dan pergi (PP).

KAI Daops IV Operasikan Angkutan Terusan ke Demak, Kudus, dan Pati

SOLOPOS.COM - EVP PT KAI Daops IV Semarang Mohamad Nurul Huda Dwi Santoso (kedua kiri) melepas angkutan terusan rute Stasiun Semarang Tawang-Pati. (Bisnis-Alif Nazzala Rizqi)

Solopos.com, SEMARANG — PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daops) IV Semarang, Jumat (13/9/2019), meluncurkan angkutan terusan dengan rute Stasiun Semarang Tawang  atau Stasiun Semarang Poncol menuju ke Kota Demak, Kudus, dan Pati pulang dan pergi (PP). Program angkutan terusan ini dikelola oleh PT Kereta Api Pariwisata, anak perusahaan PT KAI.

EVP PT KAI Daops IV Semarang, Mohamad Nurul Huda Dwi Santoso, mengatakan peluncuran angkutan terusan ini merupakan upaya PT KAI untuk memberikan pelayanan dan kemudahan akses transportasi bagi masyarakat di sekitar Kota Demak, Kudus, dan Pati yang akan menggunakan jasa kereta. Selain itu, lanjutnya, peluncuran tersebut untuk mendukung program Pemkot Semarang dan Pemprov Jawa Tengah dalam pengembangan sektor pariwisata di kawasan Kota Tua Semarang dan sekitarnya.

"Tahap pertama pembelian tiket masih melalui aplikasi KAI Access, diharapkan nanti dalam sekali pembelian bisa include di dalamnya tiket kereta dengan angkutan terusan. Tapi itu nanti masih tahap pengembangan," kata Huda.

Tiket angkutan terusan itu dijual dengan harga Rp60.000. Kendaraan yang digunakan adalah Isuzu Elf yang sudah dilengkapi dengan reclining seat, full AC, entertainment kit (LCD, TV, dan sound system), dan USB charger yang tersedia di setiap kursi. Isuzu Elf itu berkapasitas 12 tempat duduk di setiap kendaraan. Ruangan kabin kendaraannya juga selalu dijaga kebersihannya.

Waktu tempuh dari Semarang ke Pati adalah tiga jam sampai dengan 3,5 jam. Dalam sehari angkutan terusan melayani lima kali perjalanan (PP) dengan jadwal perjalanan pertama dari Stasiun Poncol dimulai pada jam 02.15 WIB dan jadwal perjalanan terakhir pada jam 20.10 WIB. Untuk pembukaan rute lain seperti Rembang dan Blora, masih melihat animo masyarakat. Begitu juga untuk angkutan terusan dari Stasiun Purwokerto menuju Wonosobo atau dari Stasiun Pekalongan menuju Dieng.

"Nanti lihat animo masyarakat bagaimana, sudah ada permintaan ke Blora, Rembang, harapannya nanti bisa ada pengembangan ke sana, sebagaimana juga Purwokerto menuju Wonosobo, atau ke depan dari Pekalongan ke Dieng, tergantung permintaan masyarakat," ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Arus Turun Wisatawan dari Tawangmangu dan Ngargoyoso Lancar

Arus turun kendaraan wisatawan dari Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar terpantau lancar Sabtu (15/5/2021) sore.

Mas Abby Eks Napi Teroris Yang Kini Mahir Meracik Siomay, Jualan di Sukoharjo

Kristianto alias Mas Abby mantan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Malang kini berjualan siomay di sekitar kediamannya di wilayah Sukoharjo.

Lalu Lintas Wonogiri Ramai, Mayoritas Keluar Kota

Lalu lintas di jalan raya Wonogiri pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021) terpantau masih ramai, tetapi lancar. Kebanyakan kendaraan keluar dari Wonogiri.

649 Kendaraan Berpelat Nomor Luar Daerah Terpaksa Putar Balik di Prambanan

Sebanyak 649 kendaraan roda empat berpelat luar daerah harus putar balik selama berlangsung penyekatan pemudik arus balik di Prambanan, Klaten.

Wisatawan Luar Jateng yang Mencoba Masuk Lewat Karanganyar Terus Bertambah

Wisatawan dari luar Jawa Tengah yang mencoba masuk ke Karanganyar, Jateng semakin banyak pada H+2 Lebaran atau Sabtu (15/5/2021).

Overload! Perahu Wisata yang Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali Maksimal Angkut 12 Penumpang

Perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021) kelebihan muatan karena maksimal mengangkut 12 penumpang.

Penting! Lakukan Ini Jika Alami Musibah Kapal Tenggelam

Ada sejumlah hal dilakukan saat alami musibah kapal tenggelam.

Transpuan Hollywood Ini Pernah Sambangi Magelang

Sosok yang pernah menjadi ayah tiri dari selebriti penuh sensasi, Kim Kadarshian, ini pernah menyambangi Magelang.

Liburan Cari Ikan, Bakul Bakso Tewas Kena Alat Setrum Punya Sendiri

Pedagang bakso di Grobogan, Jawa Tengah tewas setelah tersengat listrik dari alat setrum ikan milik sendiri saat mencari ikan.

Tolong Temannya yang Tercebur di Sungai, Pemuda Sukoharjo Tenggelam dan Meninggal Dunia

Seorang pemuda bernama Adam Susanto, warga Desa Triyagan, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo tenggelam di sungai di Desa Wirun, Kecamatan Mojolaban.

Tambah 3 Lagi, 6 Jasad Korban Perahu Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali Ketemu

Sebanyak enam dari sembilan korban perahu terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali ditemukan dan telah dievakuasi ke RSUD Waras Wiris.

19 Pengendara Sepeda Motor Terjaring Razia Masker

Sebanyak 19 pengguna jalan terjaring razia masker saat melintas dengan sepeda motor di depan Kantor Kecamatan Bulu, Sukoharjo, Sabtu (15/5/2021).