SOLOPOS.COM - Posko pendaftaran mudik motor gratis Kereta Api 2023. (Istimewa).

Solopos.com, SOLO — Kementerian Perhubungan membeberkan perkembangan tiket pendaftaran mudik gratis yang diselenggarakan di masa Angkutan Lebaran 2023, baik untuk bus, kapal, maupun kereta api.

Berdasarkan rilis yang diterima Solopos.com, Senin (27/3/2023), KAI Daop 6 Yogyakarta mendukung program angkutan Motor Gratis (Motis) yang kembali digelar oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Motis merupakan program tahunan pemerintah melalui Kementerian Perhubungan untuk masyarakat yang mudik beserta dengan motor yang diangkut menggunakan kereta api secara gratis.

Tujuan diselenggarakannya program Motis adalah agar jumlah kendaraan roda dua dan angka kecelakaan di jalan saat mudik Lebaran dapat ditekan, sehingga tingkat keselamatan meningkat.

EVP Daop 6 Yogyakarta Raden Agus Dwinanto Budiadji mengatakan, KAI sebagai BUMN operator perkeretaapian mendukung penuh program Motis ini dalam rangka memberikan pelayanan kepada pemudik yang ingin membawa motornya ke kampung halaman.

“KAI siap turut berperan dalam meningkatkan keselamatan pemudik melalui penyediaan rangkaian kereta api angkutan Motis. Dengan menggunakan kereta api untuk angkutan penumpang maupun barang, kemacetan di jalan raya dapat dikurangi serta meningkatkan keselamatan para pemudik pada masa angkutan mudik Lebaran 2023 ini,” jelasnya.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan Djarot Tri Wardhono mengatakan, pada Motis tahun ini, DJKA Kemenhub akan menyiapkan sebanyak 10.440 slot motor secara gratis dan 46.720 tempat duduk penumpang.

“Diharapkan perjalanan mudik masyarakat lebih terakomodir dengan baik, momen ini sekaligus mengajak masyarakat agar dapat mudik dengan aman, nyaman, dan selamat. Karena, melihat data-data periode lebaran sebelumnya, tingkat kecelakaan kendaraan roda dua selama periode mudik cukup tinggi, sehingga dengan adanya program motis ini, lakalantas roda dua dapat diminimalisir,” kata Djarot Tri Wardhono.

Info lebih lanjut terkait Motis bisa mengakses melalui situs mudikgratis.dephub.go.id, akun Instagram @motis_2023, atau melalui WhatsApp Customer Service Motis 2023 di nomor 0812-1995-8427.

Syarat Mudik Kereta Api

Dilansir dari mudikgratis.dephub.go.id, berikut syarat mudik gratis dengan Kereta Api:

Para peserta diwajibkan sudah vaksin boster

Satu peserta harus memiliki KTP, Kartu Keluarga, SIM C

Wajib melakukan verifikasi ke Posko, sesuai dengan waktu verifikasi yang telah dipilih pada saat mendaftar

Motor dengan kapasitas mesin maksimal 200 cc

Bagi peserta yang hanya mendaftarkan sepeda motor, diwajibkan memiliki /menunjukkan bukti mudik moda transportasi lainnya

Sepeda motor diserahkan H-1 atau satu hari sebelum tanggal keberangkatan sepeda motor

Tidak diperkenankan menitipkan helm dan kaca spion.

BBM wajib untuk dikosongkan pada saat penyerahan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya