SOLOPOS.COM - Anggota komunitas Pecel +63 mencuci lokomotif kereta api di Depo Lokomotif Madiun, Minggu (14/8/2022). (Istimewa/PT KAI)

Solopos.com, SOLO–Kereta Api Indonesia (KAI) memberikan diskon khusus sebesar 10% untuk pemesanan tiket kereta keberangkatan dari dan tujuan ke Solo melalui aplikasi KAI Access.

Diskon tersebut ditawarkan dalam gelaran Solo Great Sale (SGS) 2022 yang akan digelar mulai 25 September sampai dengan 30 Oktober 2022 nanti.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Gelaran event bisnis dan ekonomi di Kota Solo tersebut rencananya berlangsung selama lima pekan, lebih lama dibandingkan SGS tahun-tahun sebelumnya. Karenanya target yang dipasang juga lebih besar yakni Rp2 triliun.

KAI menginformasikan akan memberi diskon tiket kepada 16 kereta api keberangkatan dari dan tujuan Solo. Informasi tersebut diungkapkan Manajer Humas KAI Daop 6, Franoto Wibowo saat dihubungi Solopos.com.

“Ada 16 KA [kereta api] keberangkatan dari dan tujuan ke Solo yang mendapatkan diskon tarif sebesar 10%,” kata dia, Kamis (22/9/2022).

Tanggal Pemesanan

Masyarakat yang ingin mendapatkan diskon tiket wajib melakukan reservasi tiket melalui aplikasi KAI Access.

Dengan periode pembelian mulai 22 September 2022 hingga 27 Oktober 2022. Baik dengan keberangkatan Kota Solo mau pun tujuan Kota Solo. Meski begitu, Franoto menjelaskan tiket diskon tidak berlaku untuk kereta api jenis Luxury, Public Service Obligation (PSO), dan kereta api wisata.

“Untuk mendapatkan potongan tarif tersebut, masyarakat harus melakukan pemesanan melalui aplikasi KAI Access mulai 22 September sampai dengan 27 Oktober 2022,” tambah Franoto.

Tanggal Keberangkatan

Perlu dicatat, diskon tiket kereta api sebesar 10% hanya berlaku untuk keberangkatan kereta api tanggal tertentu.

Franoto menambahkan potongan tarif berlaku untuk kereta api dengan tanggal keberangkatan 27 – 29 September 2022. Kemudian kereta api dengan keberangkatan 4, 5, 6 ,11, 12, 13, 18, 19, 20, 25, 26, dan 27 Oktober 2022 saja.

Franoto menyampaikan persyaratan penumpang kereta api jarak jauh tetap harus dipenuhi sesuai surat edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) No. 84 tahun 2022.

Di antaranya untuk penumpang kereta api jarak jauh dengan usia 18 tahun ke atas wajib vaksin ketiga (booster), warga negara asing (WNA) yang berasal dari perjalanan luar negeri, wajib vaksin kedua.

Penumpang yang tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

Penumpang kereta api jarak jauh usia 6-17 tahun wajib vaksin kedua. Apabila berasal dari perjalanan luar negeri, penumpang tidak wajib vaksin. Penumpang yang tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

Penumpang dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif rapid tes antigen atau RT-PCR. Namun wajib dengan pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

KAI berharap pemberian diskon tiket kereta api dapat meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan kereta api sebagai moda transportasi mereka.

“Kami berharap dengan penerapan tarif diskon untuk mendukung event Solo Great Sale ini dapat meningkatkan minat masyarakat untuk melakukan perjalanan dengan kereta api,” tutup Franoto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya