SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Sebanyak 77 pelajar dari enam sekolah menengah atas (SMA) di Surabaya diajak PT Kereta Api Indonesia berkunjung ke Museum Lawang Sewu dan Museum Ambarawa di Jawa Tengah (Jateng), Senin (15/4/2019).

Para peserta itu diajak menggunakan rangkaian KA Argo Anggrek dari Stasiun Pasar Turi, Surabaya, menuju ke Semarang secara gratis.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mereka selanjutnya diajak bertamsya ke tempat wisata bernuansa edukasi di Lawang Sewu, Museum KA Ambarawa.

Di Museum Ambarawa, peserta dikenalkan tentang sejarah transportasi kereta api di Indonesia , sekaligus merasakan nuansa kereta tempo dulu dengan menggunakan perjalanan kereta api uap dari Stasiun Museum Ambarawa menuju Stasiun Tuntang.

Selain itu, di Museum Ambarawa, para peserta dapat melihat koleksi-koleksi lokomotif uap yang pernah merajai jalur rel di Pulau Jawa.

Executive Vice President PT KAI Daops VIII Surabaya, Suryawan Putra Hia, mengatakan kegiatan Travelling Goes to Semarang itu diharapkan bisa menumbuhkan rasa kecintaan di kalangan generasi muda atau yang populer disebut Gen-Z terhadap transportasi massal berbasis rel.

“Sehingga nanti generasi musa bisa mengetahui sejarah dan perkembangan perkeretaapian di Indonesia, yang pada akhirnya bisa menjadi generasi penerus dalam perkembangan perkeretaapian di masa yang akan datang, sekaligus menjadi pangsa potensi pelanggan setia,” ujar Suryawan dalam keterangan resmi.

Terpisah, Kepala SMAN 9 Surabaya, Moch Sadali, yang siswanya menjadi peserta berterima kasih kepada PT KAI yang telah memfasilitasi kegiatan Travelling Goes to Semarang.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi penambahan wawasan anak didik kami, yang bisa secara nyata melihat tentang sejarah perkembangan perkeretaapian dari jaman Hindia Belanda hingga saat ini,” ujar Moch Sadali.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya