Aplikasi pemesanan tiket KAI Access tidak bisa diakses pada Senin (2/9/2019). (Solopos/Farida Trisnaningtyas)

Solopos.com, SOLO -- Aplikasi-1-september-2019-reservasi-tiket-prameks-hanya-dilayani-via-kai-access" title="Per 1 September 2019, Reservasi Tiket Prameks Hanya Dilayani Via KAI Access"> pemesanan tiket PT Kereta Api Indonesia (KAI) KAI Access maupun pemesanan tiket di loket stasiun mengalami gangguan pada Senin (2/9/2019).

Gangguan terjadi karena tingginya trafik yang masuk ke database Rail Ticketing System. Akibatnya, para calon penumpang tidak dapat memesan tiket kereta melalui aplikasi ini baik kereta jarak jauh maupun kereta api lokal.

Salah seorang penumpang, Tio, mengaku tidak bisa memesan-prameks-segera-sampai-palur-netizen-minta-gerbongnya-ditambah" title="KA Prameks Segera Sampai Palur, Netizen Minta Gerbongnya Ditambah"> tiket KA Prameks via KAI Access. Sedianya, karyawan swasta asal Solo ini hendak bepergian ke Jogja pada Kamis (5/9/2019) mendatang.

“Saya biasanya pesan online enggak masalah. Tapi, hari kereta yang saya pesan saja tidak terdeteksi di aplikasi. Saya coba pesan KA jarak jauh juga sama, daftar keretanya tidak masuk. Apa sedang gangguan ya?” ujarnya kepada Solopos.com, Senin.

Dari pengecekan Solopos.com melalui aplikasi KAI Access, daftar kereta baik lokal maupun jarak jauh tidak bisa tampil dalam aplikasi ini seperti biasanya. Solopos.com sudah memasukkan stasiun asal maupun tujuan serta tanggal keberangkatan.

Namun demikian, setelah mengeklik tombol cari tiket, daftar -berlakukan-diskon-10-dalam-rangka-hut-kebumen" title="KAI Berlakukan Diskon 10% Dalam Rangka HUT Kebumen">kereta api yang biasanya muncul tidak bisa ditampilkan. Sementara itu, PT KAI dalam siaran persnya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada para pelanggan atas ketidaknyamanan akibat gangguan sistem tiket KAI pada Senin (2/9/2019).

VP Public Relations PT KAI, Edy Kuswoyo, mengatakan gangguan ini terjadi lantaran tingginya trafik yang masuk ke database dari Rail Ticketing System. Alhasil, hambatan terjadi pada berbagai pelayanan kepada penumpang di stasiun maupun online.

Menurutnya, di stasiun pelayanan kepada penumpang dilakukan secara manual seperti saat proses check-in, boarding, dan penjualan tiket go-show. Gangguan juga berdampak pada pembelian tiket secara online di KAI Access, Web KAI, serta channel penjualan resmi KAI lainnya.

"KAI memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Tim kami di lapangan sedang berusaha semaksimal mungkin untuk segera menangani gangguan yang terjadi agar pelayanan tiket dapat kembali normal," jelasnya.

Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten