SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Shinji Kagawa. dok JIBI/SOLOPOS/Reuters

KUALA LUMPUR—Performa mengkilap Shinji Kagawa musim lalu tampaknya tak bisa dilupakan begitu saja. Kecemerlangannya memberikan gelar double winner kepada Borussia Dortmund di kompetisi domestik membuat playmaker asal Jepang itu dinobatkan meraih gelar sebagai Asian Football Confederation (AFC) International Player of the Year.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pengumuman nama-nama pesepak bola Asia yang mendapat penghargaan dari AFC ini diumumkan di Kuala Lumpur, Kamis (29/11/2012) waktu setempat. Dilansir Reuters, Kagawa terpilih sebagai yang terbaik tahun ini setelah mengalahkan rekan setimnya, wing-back Inter Milan, Yuto Nagatomo dan penjaga gawang Fulham, Mark Schwarzer  asal Australia.

Musim lalu, Kagawa memang tampil cukup fenomenal. Sebagai pemain Asia, Kagawa memberikan peran besar bagi kesuksesan Dortmund mempertahankan gelar Bundesliga dan merebut Piala Liga Jerman atau DFB Pokal.

Penampilannya yang apik ini jugalah yang membawanya direkrut raksasa Inggris, Manchester United, awal musim ini. Sayang, bersama United sejauh ini, Kagawa kurang menunjukkan pamornya dan harus berjuang setelah mengalami cedera.

Sementara, untuk penghargaan AFC Player of the Year diberikan kepada winger Korea Selatan, Lee Keun-ho. Penampilan apik dan gol Lee mampu membawa Ulsan Hyundai menjadi kampiun Liga Champions AFC pada bulan ini.

Lee menyisihkan gelandang Iran, Ali Karimi, dan bek China, Zheng Zhi, untuk menjadi pemain Korea yang meraih penghargaan dengan bermain di Asia.

Inilah Daftar Penghargaan AFC 2012 dilansir the-afc.com:

Kategori Pemenang
Pemain Terbaik Asia Lee Keun-ho
Pemain Terbaik Asia di Kancah Internasional Shinji Kagawa (Manchester United)
Pemain Wanita Terbaik Asia Aya Miyama (Jepang)
Pemain Muda Terbaik Asia Mohanad Abdulraheem (Irak)
Pemain Wanita Muda Asia Terbaik Hanae Shibata (Jepang)
Pemain Asing Terbaik Rogerinho (Kuwait Sport Club)
Pelatih Terbaik Asia Kim Ho-kon (Ulsan Hyundai)
Tim Terbaik Asia Tim Olimpiade Sepak bola Wanita Jepang

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya