SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Hari Raya Lebaran memang masih cukup lama. Tapi tidak ada salahnya jika Anda mulai mempersiapkan keperluan Lebaran salah satunya adalah pakaian.

Setiap wanita pasti ingin tampil cantik di hari Lebaran. Salah satu hal yang tak luput dari perhatian wanita adalah busana. Kini tengah trend busana muslim kaftan yang dapat dijadikan salah satu pilihan untuk mempercantik penampilan Anda di hari kemenangan.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

Kaftan merupakan busana asal Timur Tengah, yang kini kian digemari oleh masyarakat Indonesia. Semakin banyak perempuan, termasuk artis atau selebritas yg mengenakan busana panjang dan longgar ini. Baju muslim kaftan saat ini banyak digunakan oleh kalangan selebriti seperti Olla Ramlan, atau Syahrini.

Bentuk baju kaftan merupakan perkembangan dari bentuk dasar  tunika yg dipotong bagian tengah muka sehingga terdapat belahan pada bagian depan pakaian. Bentuk baju kaftan yg asli masih dipakai oleh petani di Mesir, dan di Jepang yang dikenal dengan nama baju kimono.

Sedangkan di Negara Timur Tengah dikenal dengan nama jubah. Supervisor, toko busana muslim Karita, Rini menjelaskan gaun kaftan berbentuk baju panjang yang longgar, sisi lurus, berlengan panjang dan ada belahan pada tengah muka.

Dengan kata lain bentuk kaftan memiliki ciri khas, yakni mempunyai belahan di sepanjang tengah muka dan memakai lengan. Belahan ini ada kalanya disemat dan ada juga yg dibiarkan lepas (tidak disemat).

Baju kaftan dapat tampil mewah, elegan dan glamour, sekaligus  menggabungkan nuansa India. Kehadiran payet-payet yang ada di baju kaftan disesuaikan dengan bentuk tubuh calon pemakainya. Ciri khas busana yang berukuran panjang itu tetap dipertahankan, begitu juga dengan lengan panjang.

Rina menambahkan saat ini baju kaftan tersedia dalam berbagai  aplikasi, mulai dari bordir, payet sampai penggunaan batu-batuan sebagai aksesoris. Kaftan bordir terbuat dari material sifon halus, dengan aksen bordir emas yang cantik. pelengkap tali ikat di bagian dalam sehingga bisa membuat bagian dada lebih pas.

“Baju kaftan dapat dikenakan siapa saja, mulai dari remaja hingga orang tua. Bahkan sangat cocok dikenakan orang yang berbadan kurus tinggi maupun gemuk dan pendek,” jelasnya saat ditemui Harian Jogja, di Jl. C.Simanjuntak, no 73, Jogja, Rabu (3/8).

Kafta juga dapat dijadikan pilihan busana muslim maupun busana pesta yang anggun dan cantik. Tersedia berbagai pilihan warna, mulai dari merah, abu-abu, kuning, putih, ungu, biru muda, bahkan hitam.

Ada beberapa pilihan kombinasi. Misalnya, busana one piece panjang dan mengembang pada bagian bawah. Ada pula busana  panjang selutut, lalu dipadukan dengan celana panjang warna senada. Busana itu hampir mirip dengn busana India.

Seperti terlihat pada busana kaftan yang dilengkapi dengan payet-payet yang ditempatkan pada dada dan leher, sehingga motifnya terpusat pada bagian tengah. Pada bagian lain terdapat payet-payet yg bertaburan.

Kreasi lainnya terlihat dari bentuk leher yg berbeda-beda. Ada yg memiliki belahan pada bagian depan, dan ada pula di bagian belakang. Seperti modifikasi leher kebaya, krah shanghai atau bentuk segi empat.

Harga yang ditawarkan cukup beragam, tergantung dari model dan aplikasi yang digunakan, untuk kafta mewah berkisar antara Rp1,5 juta hingga Rp2,5 juta. Sedangkan semi kaftan atau kaftan biasa berkisar antara Rp500.000 hingga Rp900.000. 

“Baju muslim model kaftan ini bisa menjadi salah satu solusi bagi para pencinta baju muslim yang selalu bingung, dalam memilih baju jika ingin pergi ke pesta atau acara-acara formal lainnya. Baju kaftan dengan desain dan model elegan dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut,” pungkas dia.(WARTAWAN HARIAN JOGJA/Kharisma Ayu Febriana)

HARJO CETAK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya