Kafe di Solo Ini Tawarkan Serunya Makan Ditemani Kucing Cantik

Kafe kucing pertama di Solo menerapkan sejumlah peraturan yang harus dipatuhi pengunjung.

 Paw Paw Cafe merupakan kafe kucing pertama di Solo. (Solopos-Astrid Prihatini W.D.)

SOLOPOS.COM - Paw Paw Cafe merupakan kafe kucing pertama di Solo. (Solopos-Astrid Prihatini W.D.)

Solopos.com, SOLO-Kafe kekinian berkonsep cat cafe atau kafe kucing yang biasanya ada di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya, kini sudah bisa ditemukan di Solo loh. Saat makan di tempat ini, pengunjung bisa berinteraksi hingga selfie bareng satwa-satwa berbulu ini.

Nah bagi pencinta kucing atau cat lovers tentu penasaran bukan dimanakah alamat kafe kucing di Solo ini? Jawabannya adalah di Jl. Ronggowarsito No.42, Kampung Baru, Solo.

Kafe kucing pertama di Solo ini bernama Paw Paw Cafe. Pengunjung bisa dengan mudah menemukannya lantaran tempat makan kekinian ini berlokasi tepat di tepi jalan dan ada papan nama unik dengan gambar kaki kucing.

Baca Juga: Mau Nyoba Dog Cafe Pertama di Solo? Di Sini Tempatnya

Desain bangunan kafe kucing pertama di Solo ini mengusung konsep modern minimalis dengan kaca-kaca besar mirip etalase, sehingga pengunjung sudah dapat melihat ulah para satwa-satwa lucu itu dari luar restoran. Tak sedikit di antara mereka duduk di depan jendela kaca, menatap arus lalu lintas di luar.

Menurut owner Paw Paw Cafe, Nadia Arif Firdausi, ide awal mendirikan kafe kucing pertama di Solo adalah berawal dari pengalaman pribadinya. Waktu sedang indekos, dia tidak bisa leluasa berinteraksi dan pelihara kucing padahal dia adalah pencinta satwa cantik itu. “Dulu itu aku kan ngekos dan aku pencinta kucing juga. Ada sejumlah tempat indekos itu melarang penghuninya memelihara kucing, tapi saya bandel tetap memelihara kucing liar yang nemu di jalan, tapi akhirnya ketahuan juga. Terus dari sana saya ngerasa orang-orang seperti saya yang suka kucing tapi tidak bisa memelihara kucing tetap butuh berinteraksi dengan kucing, stres kan. Akhirnya kepikiranlah bikin tempat seperti ini,” papar Nadia, sapaan akrabnya, ketika ditemui Solopos.com di Paw Paw Cafe Solo, belum lama ini.

Baca Juga: Vanessa Angel Mulai Berhenti Syuting FTV, Ini Alasannya

Untuk mewujudkan impiannya itu, Nadia ikut semacam program kewirausahaan di kampusnya. Dia membuat proposal dan ternyata lolos. Pada 2019, dia dan temannya mulai persiapan seperti mencari tempat dan tanya-tanya ke kafe kucing lainnya. Februari 2020 sudah mulai bayar sewa tapi sempat ke-delay opening-nya karena waktu itu bertepatan dengan awal pandemi Corona.

Di Paw Paw Cafe pengunjung bisa memberi cat food untuk kucing-kucing tersebut. (Solopos-Astrid Prihatini W.D.)
Di Paw Paw Cafe pengunjung bisa memberi cat food untuk kucing-kucing tersebut. (Solopos-Astrid Prihatini W.D.)

Total ada 18 kucing di Paw Paw Cafe, tapi biasanya hanya delapan kucing yang ditaruh di kafe dan berinteraksi dengan pengunjung. Untuk pemilihan kucing yang turun ke kafe tentu ada seleksi khusus misalnya dengan melihat kondisi kesehatan kucing. “Tapi biasanya yang turun ke kafe itu adalah kucing-kucing yang memang senang berinteraksi dengan manusia. Begitu dibukain pintu, mereka langsung lari [ke kafe],” papar mahasiswi ISI Solo ini.

Baca Juga: Kebiasaan Ini Bisa Cegah Kematian Dini Hingga 70 Persen

Nah, bagi kalian cat lovers yang ingin makan sambil berinteraksi di kafe kucing yang buka mulai pukul 12.00 WIB-20.00 WIB ini ada sejumlah peraturan yang harus dipatuhi, salah satunya adalah pengunjung dilarang memberikan makanan manusia kepada kucing-kucing tersebut. Selain itu, harga makanannya dijamin enggak bikin kantong jebol kok karena sangat terjangkau misalnya untuk minuman mulai Rp5.000-Rp18.000, sedangkan untuk makanan mulai Rp8.000-Rp27.000. Sedangkan bagi pengunjung yang ingin memberi makan kucing, Paw Paw Cafe juga menyediakan cat food seharga Rp5.000.

Selain di Solo, kafe kucing juga bisa ditemukan di sejumlah kota besar di Indonesia. Mengutip tripzilla.id, ada sejumlah cat cafe di Indonesia antara lain Cutie Cats And Cafe (Jakarta), Cats and Ice Cream Cafe (Bandung), Cat’s Village (Bandung), Snowbell Cat Cafe (Makassar) dan sebagainya.

 

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Duh! Pemotor Nekat Lewat Proyek Perbaikan Jalan, Alasannya Tak Terduga

Meski dalam perbaikan, pengendara ini nekat melewati jalan gegara alasan yang tak diduga.

Panci Gosong Jangan Buru-Buru Dibuang, Begini Cara Membersihkannya

Karena banyak yang tidak tahu caranya, tak sedikit orang menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk membersihkan panci gosong.

Dorce Gamalama Alami Sakit Dada Sebelah Kanan, Kenali 7 Penyebabnya!

Sakit dada sebelah kanan seperti yang dialami Dorce Gamalama bisa berkaitan dengan sejumlah penyakit, salah satunya serangan jantung.

Luka Psikologis Aborsi Juga Dirasakan Pria, Ini Dampaknya

Namun, luka psikologis setelah aborsi  pada pihak pria wujudnya berbeda.

Viral Bocah Joget di Atas Genting Demi Konten, Endingnya Bikin Miris

Seorang bocah mengalami kejadian tak terduga saat berjoget di atas genting untuk membuat video konten.

Ikuti 8 Kebiasaan Makan Ini untuk Melawan Peradangan

Ada sejumlah kebiasaan makan yang dapat membantu Anda melawan peradangan.

Doa Agar Hubungan Rumah Tangga Langgeng dan Harmonis

Berikut ini terdapat doa agar hubungan berumah tangga tetap langgeng dan harmonis menurut Islam yang dilengkapi dengan latin dan artinya.

Tiga Senjata Terbaik Lawan Penyakit Kardiovaskular, Mau Coba?

Nah, sebelum terlambat, sebaiknya mulai sekarang praktikkan tiga senjata ini dalam lawan penyakit kardiovaskular.

Viral! Pria Buang Ratusan Telur ke Sungai, Gegara Harga Anjlok?

Aksi seorang pria yang membuang ratusan telur ke sungai di tengah harga telur yang merosot menjadi perbincangan netizen dan viral di media sosial.

Bacaan Doa Supaya Dimudahkan Segala Urusan, Bisa Dibaca Setiap Hari

Untuk mendapatkan kemudahan dalam segala urusan selain dengan berusaha juga berdoa seperti bacaan berikut.

Doa Sebelum Bekerja Menurut Islam, Lengkap dengan Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa sebelum bekerja menurut Islam yang dilengkapi dengan latin dan artinya supaya diberkahi Allah SWT.

Work from Coffee Shop Diminati, Benarkah Kopi Buat Otak Lebih Kreatif?

Ada sejumlah alasan work from coffee shop diminati, salah satunya adalah karena menjamurnya tempat-tempat ngopi estetik.

Benarkah Pengangkatan Rahim Pengaruhi Kehidupan Seksual Wanita?

Tak sedikit wanita merasa khawatir operasi pengangkatan rahim seperti dialami artis Melanie Subono bisa pengaruhi kehidupan seksual mereka.

7 Alasan Medis Wanita Jalani Pengangkatan Rahim Seperti Melanie Subono

Prosedur medis pengangkatan rahim pada wanita disebut histerektomi.

Viral Aksi Selfie di Tempat Berbahaya, Warganet: Auto Kaki Gemetaran

Meski insiden kecelakaan saat melakukan aksi selfie di tempat berbahaya sudah sering terjadi, namun masih ada orang berani menantang bahaya demi mendapatkan foto epic.

Duh! Gegara Penyiksaan Anjing, Pria di Magelang Doakan Aceh Tsunami

Pemilik akun Twiter yang diduga berasal dari Magelang, Jawa Tengah, mendapat kecaman netizen seletah mendoakan Provinsi Aceh terjadi tsunami.