Kafe di Solo Ini Tawarkan Serunya Makan Ditemani Kucing Cantik

Kafe kucing pertama di Solo menerapkan sejumlah peraturan yang harus dipatuhi pengunjung.

 Paw Paw Cafe merupakan kafe kucing pertama di Solo. (Solopos-Astrid Prihatini W.D.)

SOLOPOS.COM - Paw Paw Cafe merupakan kafe kucing pertama di Solo. (Solopos-Astrid Prihatini W.D.)

Solopos.com, SOLO-Kafe kekinian berkonsep cat cafe atau kafe kucing yang biasanya ada di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya, kini sudah bisa ditemukan di Solo loh. Saat makan di tempat ini, pengunjung bisa berinteraksi hingga selfie bareng satwa-satwa berbulu ini.

Nah bagi pencinta kucing atau cat lovers tentu penasaran bukan dimanakah alamat kafe kucing di Solo ini? Jawabannya adalah di Jl. Ronggowarsito No.42, Kampung Baru, Solo.

Kafe kucing pertama di Solo ini bernama Paw Paw Cafe. Pengunjung bisa dengan mudah menemukannya lantaran tempat makan kekinian ini berlokasi tepat di tepi jalan dan ada papan nama unik dengan gambar kaki kucing.

Baca Juga: Mau Nyoba Dog Cafe Pertama di Solo? Di Sini Tempatnya

Desain bangunan kafe kucing pertama di Solo ini mengusung konsep modern minimalis dengan kaca-kaca besar mirip etalase, sehingga pengunjung sudah dapat melihat ulah para satwa-satwa lucu itu dari luar restoran. Tak sedikit di antara mereka duduk di depan jendela kaca, menatap arus lalu lintas di luar.

Menurut owner Paw Paw Cafe, Nadia Arif Firdausi, ide awal mendirikan kafe kucing pertama di Solo adalah berawal dari pengalaman pribadinya. Waktu sedang indekos, dia tidak bisa leluasa berinteraksi dan pelihara kucing padahal dia adalah pencinta satwa cantik itu. “Dulu itu aku kan ngekos dan aku pencinta kucing juga. Ada sejumlah tempat indekos itu melarang penghuninya memelihara kucing, tapi saya bandel tetap memelihara kucing liar yang nemu di jalan, tapi akhirnya ketahuan juga. Terus dari sana saya ngerasa orang-orang seperti saya yang suka kucing tapi tidak bisa memelihara kucing tetap butuh berinteraksi dengan kucing, stres kan. Akhirnya kepikiranlah bikin tempat seperti ini,” papar Nadia, sapaan akrabnya, ketika ditemui Solopos.com di Paw Paw Cafe Solo, belum lama ini.

Baca Juga: Vanessa Angel Mulai Berhenti Syuting FTV, Ini Alasannya

Untuk mewujudkan impiannya itu, Nadia ikut semacam program kewirausahaan di kampusnya. Dia membuat proposal dan ternyata lolos. Pada 2019, dia dan temannya mulai persiapan seperti mencari tempat dan tanya-tanya ke kafe kucing lainnya. Februari 2020 sudah mulai bayar sewa tapi sempat ke-delay opening-nya karena waktu itu bertepatan dengan awal pandemi Corona.

Di Paw Paw Cafe pengunjung bisa memberi cat food untuk kucing-kucing tersebut. (Solopos-Astrid Prihatini W.D.)
Di Paw Paw Cafe pengunjung bisa memberi cat food untuk kucing-kucing tersebut. (Solopos-Astrid Prihatini W.D.)

Total ada 18 kucing di Paw Paw Cafe, tapi biasanya hanya delapan kucing yang ditaruh di kafe dan berinteraksi dengan pengunjung. Untuk pemilihan kucing yang turun ke kafe tentu ada seleksi khusus misalnya dengan melihat kondisi kesehatan kucing. “Tapi biasanya yang turun ke kafe itu adalah kucing-kucing yang memang senang berinteraksi dengan manusia. Begitu dibukain pintu, mereka langsung lari [ke kafe],” papar mahasiswi ISI Solo ini.

Baca Juga: Kebiasaan Ini Bisa Cegah Kematian Dini Hingga 70 Persen

Nah, bagi kalian cat lovers yang ingin makan sambil berinteraksi di kafe kucing yang buka mulai pukul 12.00 WIB-20.00 WIB ini ada sejumlah peraturan yang harus dipatuhi, salah satunya adalah pengunjung dilarang memberikan makanan manusia kepada kucing-kucing tersebut. Selain itu, harga makanannya dijamin enggak bikin kantong jebol kok karena sangat terjangkau misalnya untuk minuman mulai Rp5.000-Rp18.000, sedangkan untuk makanan mulai Rp8.000-Rp27.000. Sedangkan bagi pengunjung yang ingin memberi makan kucing, Paw Paw Cafe juga menyediakan cat food seharga Rp5.000.

Selain di Solo, kafe kucing juga bisa ditemukan di sejumlah kota besar di Indonesia. Mengutip tripzilla.id, ada sejumlah cat cafe di Indonesia antara lain Cutie Cats And Cafe (Jakarta), Cats and Ice Cream Cafe (Bandung), Cat’s Village (Bandung), Snowbell Cat Cafe (Makassar) dan sebagainya.

 

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Doa dan Amalan Jika Mengalami Kesulitan Keuangan, Biar Rezeki Lancar

Berikut ini terdapat doa beserta amalannya ketika mengalami kesulitan keuangan biar rezeki selalu diberi kelancaran menurut NU.

Muncul Jerawat di Payudara, Perlukah Diwaspadai?

Jerawat tak hanya ditemukan di wajah dan punggung, melainkan juga bisa muncul di payudara atau sekitar puting.

Muncul Jerawat di Kelamin, Bagaimana Bedakan dengan Herpes Genital?

Lalu, bagaimana cara membedakan apakah benjolan merah yang muncul di alat kelamin itu benar-benar jerawat atau herpes genital?

Viral Video Pria Punya 26 Anak, Warganet: Istrinya Kuat!

Usut punya usut, ternyata almarhum pria yang memiliki 26 anak ini diketahui memiliki dua istri.

Ini Hari yang Bagus Berhubungan Suami Istri Menurut Islam, Malam Jumat?

Bukan hanya malam Jumat, lalu hari apa saja yang bagus untuk suami istri berhubungan intim menurut Islam?

Kronologi Pembuatan Video Mesum Lele 13 Detik, Pemeran Minta Maaf

Pemeran video mesum lele 13 detik memberikan klarifikasi dan menyampaikan permintaan maaf.

Klarifikasi Lele PUBG Soal Video Mesum 13 Detik, Turuti Keinginan Pacar

Perempuan pemilik akun PUBG bernama Lele memberi klarifikasi terkait video mesum dirinya dan menyebut sang pacar yang memintanya mengirim video itu.

Sempat Viral, Oknum Polantas Pacaran Naik Mobil PJR Adik Ipar Ahok

Di medsos beredar narasi bahwa anggota Polantas pacaran naik mobil PCR itu berani melakukan pelanggaran karena iparnya seorang pejabat.

Kreativitas Menggambar Bersama AnaKrea Mengisi Waktu Selama Pandemi

Melalui Program AnaKrea "Ayo Menggambar", mereka dapat menggambar sesuai imajinasi yang mereka pikirkan.

Semangat Berkarya Meski di Rumah Aja Bersama AnaKrea

Masa pandemi tentu bukan penghalang bagi adek-adek yang bersekolah di PAUD/TK untuk tetap berkarya. Melalui Program AnaKrea, mereka tetap bisa berkarya melalui kegiatan mewarnai

7 Mitos Weton Lahir Pada Hari Wage, Nomor 5 Bikin Bahagia

Inilah 7 mitos weton seseorang yang lahir pada hari Wage.

Siapa Lele PUBG Gamers, Wanita Cantik Terlibat Video Mesum 13 Detik?

Viral wanita cantik terseret dalam kasus video mesum 13 detik, siapa sebenarnya Lele, gamers online PUBG?

Doa Mengusir Ular dari Rumah Menurut Islam, Plus Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa mengusir ular dari rumah jika hewan tersebut masuk ke kediaman Anda menurut ajaran Islam. Dilengkapi latin dan artinya.

Tak selalu Buruk, Nasi Putih Ternyata Bermanfaat untuk Tubuh

Nasi putih adalah sumber karbohidrat utama yang menjadi makanan pokok di banyak negara, terutama Indonesia.

Waduh! Rusia Temukan Varian Baru yang Lebih Menular

Laporan pemerintah Rusia menyebutkan sejumlah infeksi Covid-19 varian baru yang diyakini lebih menular dari varian Delta.