SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo berserta istri saat jumpa pers akad nikah Kaesang-Erina di Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022). (YouTube Presiden Joko Widodo).

Solopos.com, JOGJA— Presiden Joko Widodo memberi pesan khusus untuk putra bungsunya, Kaesang Pangarep yang resmi menikahi kekasihnya, Erina Sofia Gudono, Sabtu (10/12/2022) ini.

Jokowi meminta Kaesang Pangarep agar lebih serius karena selama ini kerap berperilaku slengekan atau suka bercanda.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Alasan nasihat khusus Presiden itu lantaran saat ini Kaesang sudah berstatus suami dan bukan jomblo lagi.

“Tadi saya khusus sampaikan kepada Kaesang. Kaesang ini kan senangnya slengekan dan tidak serius, nah ini sudah punya istri saya sampaikan lebih serius, sedikit saja. Jangan terlalu serius nanti cepat tua. Saya sampaikan itu,” kata Presiden Jokowi usai acara akad nikah Kaesang dan Erina di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Sleman, DI. Yogyakarta, Sabtu sore.

Baca Juga: Perjalanan Erina Gudono: Bankir, Finalis Putri Indonesia lalu Mantu Presiden

Saat ditanya, hadiah apa yang diberikan untuk pernikahan Kaesang dan Erina Gudono, Jokowi yang didampingi Ibu Iriana hanya menjawab dengan nada bercanda.

“Hadiah cinta,” ujar Jokowi sembari tertawa seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Terkait rangkaian acara pernikahan putranya di Yogyakarta termasuk yang akan berlangsung di Solo, Jawa Tengah, Jokowi mengaku sengaja meminta bantuan beberapa menteri, termasuk Menteri BUMN Erick Thohir sekadar untuk mengarahkan terkait urusan keprotokoleran.

Baca Juga: Doa Presiden Jokowi untuk Kaesang: Semoga Besok Lancar

“Ya ini panitianya sebetulnya kan dari keluarga, wong kita ini punya gedung, punya katering punya event organizer. Itu sudah sehari-hari hanya untuk keprotokoleran kenegaraan kami minta bantuan satu dua menteri,” ujar dia.

Menurut Jokowi, Erick Thohir menjadi salah satu menteri yang dimintai bantuan karena dinilai memiliki pengalaman manajemen di banyak event besar.

“Kami lihat bisa sedikit-sedikit membantu. Sedikit-sedikit bantu,” kata dia.

Baca Juga: Sakral! Air Siraman Erina Gudono dari 7 Sumber, Salah Satunya Zamzam

Sementara, soal dipilihnya Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono sebagai saksi nikah, Jokowi mengatakan keputusan itu murni dari Kaesang.

“Itu yang milih 100 persen Kaesang. Semua Kaesang,” kata dia.

Kaesang Pangarep resmi menjadi suami Erina Sofia Gudono setelah menjalani akad nikah di Pendopo Agung Hotel Royal Ambarrukmo, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022) yang dimulai sekitar pukul 13.00 WIB.

Baca Juga: Nikahan Kaesang: Terima 45 Request Parkir Jet Pribadi, Begini Persiapan BIAS

Setelah akad, Kaesang dan Erina kemudian menjalani prosesi adat “panggih”, dan ditutup dengan foto bersama para tamu undangan.

Setelah acara akad nikah, rangkaian acara berikutnya adalah ngundhuh mantu dan resepsi di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah pada Minggu (11/12/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya