Kaesang Pangarep Ditipu, Bareskrim Polri Tangkap 4 Pelaku
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Awi Setiyono. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Anak Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, ditipu. Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri mengamankan empat orang tersangka inisial AF, GR, MR, dan DTY atas dugaan melakukan tindak pidana penipuan terhadap Kaesang.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol. Awi Setiyono mengemukakan keempat pelaku yang masih di bawah umur itu sering kali melakukan tindak pidana penipuan melalui akun media sosial Instagram. Modus operansi mereka adalah melakukan lelang barang murah secara online alias dalam jaringan atau daring.

Dipaparkannya, setelah korban mengirimkan uang kepada para tersangka itu seusai lelang tersebut, para pelaku tidak mengirimkan barang yang sudah mereka lelangkan di media sosial Instagram. Padahal korban telah menuntaskan transaksi dengan mengirikan uang ke rekening mereka.

Ada Bukti Baru! Planet Venus Dihuni Alien?

"Korban melakukan transaksi dengan [meminta korban] mengirim uang [ke] nomor rekening tertentu milik pelaku. Namun, barang tidak pernah datang. Setelah dilidik secara dalam, dicek akunnya, mulai dari lokasi, identitas pelaku, ternyata akun itu dari Aceh dan Medan," paparnya, Jumat (18/9/2020).

Rp100 Juta Lebih

Menurut Awi, para pelaku sudah melakukan aksi penipuan tersebut sejak lama dan keempat pelaku telah meraup keuntungan dari hasil penipuan itu lebih dari Rp100 juta. Uang tersebut, kata Awi, digunakan para pelaku untuk berfoya-foya dan membeli sejumlah barang mewah.

"Ada dua kemungkinan penanganan hukumnya. Pertama, dikembalikan ke orang tuanya dengan pengawasan Polri atau kedua restorative justice," katanya.

Ini Dia Tren Olahraga Masa Pandemi Covid-19

Sebelumnya diberitakan, putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, kembali menjadi perhatian publik. Kali ini, Kaesang mengaju sengaja menghubungi dan mengaku ingin memesan barang dari online shop atau toko daring yang melakukan penipuan.

Dalam unggahan di akun Twitter pribadinya, @kaesangp, dia mengunggah sejumlah tangkapan layar percakapan dari sejumlah online shop penipu dengan berpura-pura akan menjual produk yang dipasarkan oleh penjual tersebut. Salah satunya adalah Kaesang bepura-pura ingin membeli 100 unit ponsel Iphone 11 Pro Max yang harganya sangat terjangkau.

"Dibeli ga nih iPhone harga 250K [ribu]," cuit Kaesang melalui akun @kaesangp, Senin (7/9/2020). Nyatanya, Kaesang Pangarep benar ditipu oleh para pelaku muda usia itu.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Sumber: Bisnis



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom