SOLOPOS.COM - Muncul selebaran maupun stroy WA di kader PSI di Solo terkait Kaesang Pangarep menjadi Ketua Umum PSI. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Djarot Saiful Hidayat menasehati putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangareb, yang diisukan menjadi kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI).  

Djarot mengaku belum tahu kebenaran kabar Kaesang akan bergabung ke PSI. Meski demikian, dia memberi saran agar Kaesang tidak terburu memilih partai apabila memang ingin memasuki dunia politik. 

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Saran saya adalah untuk masuk organisasi parpol itu aja kesusu, aja grusa-grusu [jangan buru-buru]. Coba dilihat, dipelajari dulu bagaimana AD/ART partai itu, dievaluasi juga, kemudian dipelajari juga apakah ideologi dari partai tersebut,” ujar Djarot usai acara Petani Milenial: Inovasi dan Kreasi Menuju Pertanian Modern Berkelanjutan di Kantor DPP PDIP, Kamis (21/9/2023), dilansir BIsnis.com.

Dia tidak ingin Kaesang menyesal, sebab bisa saja ideologi partai tersebut sesuai dengan keyakinan namun dalam pratiknya tidak seperti harapan. Tak hanya itu, Djarot juga ingatkan pentingnya melihat tata kelola kepartaian. 

“Apakah dia ke depan bisa menjadi partai yang sehat atau justru hanya partai elektoral yang berbasis pencitraan,” lanjutnya. 

Terakhir, Djarot meminta Kaesang memperhatikan bagaimana sistem rekrutmen, kaderisasi, dan pendidikan politik partai yang bersangkutan. 

Dia menggarisbawahi, bukan hanya PSI dicek berbagai aspek tadi namun semua partai politik. 

“Keputusan itu ada di tangan yang bersangkutan. Mas Kaesang sudah dewasa, sudah mandiri, sudah berumah tangga, ya kita serahkan,” tutup Djarot. 

Sebelumnya, Kaesang diisukan masuk ke PSI usai pada Rabu (20/9/2023) malam, PSI mengunggah video seorang pria mirip Kaesang di akun media sosialnya. 

Dalam video berdurasi 42 detik itu, pria yang mengatasnamakan diri Mawar itu menegaskan akan masuk ke dunia politik. Di akhir video, muncul siluet pria yang mirip dengan Kaesang. 

“Namaku Mawar, bukan nama sebenarnya. Saat ini, aku sudah memantapkan hati untuk masuk ke politik. Aku memang belum punya pengalaman di politik, namun aku punya tujuan yang besar, untuk Indonesia lebih baik. Semoga jalan yang aku pilih adalah jalan yang benar,” ujar pria itu. 

Lantas banyak pengguna media sosial yang langsung mengomentari unggahan PSI itu. Banyak yang menebak pria itu merupakan Kaesang, yang memberi kode akan bergabung ke PSI. 

Meski demikian, pihak PSI belum bisa memberi banyak komentar terkait kebenaran isu tersebut. 

Plt Sekretaris Jenderal PSI Isyana Bagoes Oka tak menampik atau mengonfirmasi kabar bergabungnya Kaesang ke partai berlambang bunga mawar itu, namun hanya meminta semua pihak bersabar. 

“Kami belum bisa sampaikan informasi lebih lanjut. Mohon doanya,” ujar Isyana dilansir Bisnis.com, Rabu (20/9/2023).

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Kaesang Diisukan Gabung PSI, PDIP : Ojo Grasah-grusuh”

Bila dihitung sekilas, tumpukan spanduk ucapan selamat datang untuk Kaesang yang disiapkan DPD PSI Solo ada ratusan lembar.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Kaesang Diisukan Gabung PSI, PDIP : Ojo Grasah-grusuh”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya