ilustrasi pilkades, pemilihan kepala desa. (Solopos-Whisnu Paksa)

Solopos.com, KLATEN -- Jumlah desa yang menyelenggarakan https://soloraya.solopos.com/read/20190330/493/981712/laporan-politik-uang-pilkades-danguran-ditindaklanjuti-polres-klaten-panggil-saksi" title="Laporan Politik Uang Pilkades Danguran Ditindaklanjuti, Polres Klaten Panggil Saksi">pemilihan kepala desa (pilkades) serentak gelombang III di Kecamatan Juwiring, Klaten, sekitar Oktober mendatang, bertambah menjadi tiga desa.

Desa Tanjung diikutkan pilkades serentak gelombang III karena kadesnya yakni Heri Wibowo meninggal pada pekan lalu. Desa Kwarasan juga mesti diikutkan lagi dalam pilkades serentak gelombang III karena cakades terpilih hasil pilkades gelombang II, yakni M. Sudarwanto, meninggal empat hari sebelum dilantik Mei lalu. Satu desa lainnya yakni Juwiran.

Camat Juwiring, Herlambang Jaka Santosa, mengatakan Heri Wibowo merupakan kades terpilih pada https://soloraya.solopos.com/read/20190327/493/981071/warga-luar-desa-ikut-mencoblos-pilkades-warga-danguran-klaten-mengadu-ke-polres" title="Warga Luar Desa Ikut Mencoblos Pilkades, Warga Danguran Klaten Mengadu ke Polres">pilkades serentak gelombang I 2017 lalu. Ia meninggal dunia pada Kamis (13/6/2019) karena sakit.

Herlambang menjelaskan ada tiga hal yang dilakukan setelah Heri meninggal yakni memberhentikan secara hormat Heri dari jabatannya sebagai kades, menunjuk penjabat (pj) kades, serta mengusulkan ke bupati agar Tanjung menjadi salah satu desa yang menggelar pilkades serentak gelombang III.

“Hari ini [Senin, 17/6/2019] sudah kami usulkan ke bupati,” kata Herlambang saat ditemui wartawan di kantor Kecamatan Juwiring, Senin.

Pj. Kades Tanjung yang diusulkan adalah ASN di Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten bernama Nono. Nono diusulkan menjadi Pj. Kades lantaran pernah menjabat sebagai Sekretaris Desa (Sekdes) Tanjung.

Herlambang mengatakan desa lain di Juwiring yakni Kwarasan sebenarnya sudah mengikuti https://soloraya.solopos.com/read/20190321/493/979542/cakades-terpilih-klaten-mulai-siapkan-program-kerja" title="Cakades Terpilih Klaten Mulai Siapkan Program Kerja">pilkades serentak gelombang II pada Maret lalu. Namun, cakades terpilih yakni M. Sudarwanto, meninggal dunia beberapa hari sebelum dilantik.

M. Sudarwanto meninggal dunia saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Islam (RSI) Klaten, Minggu (12/5/2019) atau empat hari menjelang dilantik pada Kamis (16/5/2019). Herlambang mengatakan jabatan Kades Kwarasan untuk sementara diampu Pj. kades hingga terpilih kades definitif.

“Pj. Kades Kwarasan saat ini dijabat Sumardi, anggota staf Pemerintah Kecamatan Juwiring,” katanya.

Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten