Kado Manis Ultah Solo, Omzet UMKM Naik 5 Kali Lipat Lewat Tokopedia

Menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-277, Tokopedia mencatat peningkatan penjualan UMKM Solo hingga lebih dari lima kali lipat. Ke depannya, peningkatan ini mampu mendorong pemulihan ekonomi nasional pascapandemi.

 Tampilan Tokopedia. (Bisnis)

SOLOPOS.COM - Tampilan Tokopedia. (Bisnis)

Solopos.com, SOLO – Kota Solo yang juga dikenal sebagai Kota Surakarta tepat berusia 277 tahun pada Kamis (17/2/2022). Di hari ulang tahun ke-277 ini, Kota Bengawan ini mendapatkan kado manis dari para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang mengikuti program dari Tokopedia.

Menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-277 Kota Solo, para pelaku UMKM di wilayah ini mengalami peningkatan transaksi yang signifikan. Ini berarti para pelaku UMKM juga berperan banyak dalam peningkatan geliat ekonomi di Kota Solo.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

UMKM yang mengalami peningkatan tersebut adalah mereka yang tergabung dalam Kumpulan Toko Pilihan (KTP) Solo dari Tokopedia. Program ini merupakan bagian dari inisiatif Hyperlocal

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni, menjelaskan para pelaku UMKM yang tergabung dalam KTP Solo Tokopedia mengalami peningkatan transaksi lima kali lipat selama kuartal IV 2021.

Baca Juga: Kredit UMKM Ditarget Rp1.800 Triliun, BRI Jadi Pemain Utama

“Selama kuartal IV/2021, UMKM Solo yang bergabung di kampanye Kumpulan Toko Pilihan [KTP] Solo Tokopedia—salah satu turunan inisiatif Hyperlocal—mengalami lonjakan transaksi hingga lebih dari lima kali lipat jika dibandingkan dengan yang belum mengikuti kampanye tersebut,” ujar Astri.

Astri menambahkan peningkatan transaksi itu sesuai dengan tujuan program KTP, yakni mendorong tren belanja online masyarakat. “Misalnya, kategori rumah tangga, kesehatan, fesyen, elektronik hingga makanan dan minuman menjadi beberapa kategori Tokopedia yang paling laris di Solo sepanjang 2021,” imbuh Astri.

Hyperlocal—program induk dari KTP—adalah program hasil kerja sama antara Tokopedia dan Pemkot Solo untuk membantu UMKM di wilayah yang dipimpin Gibran Rakabuming Raka ini dalam meningkatkan daya saing bisnis lewat teknologi. Hal itu pun mendapatkan apresiasi dari Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga: Jadi Booster Pemulihan Ekonomi, BRI Fokus Berdayakan UMKM dan UMi

“Kami mengapresiasi upaya Tokopedia yang konsisten mendukung Pemkot Solo dalam mendorong UMKM untuk memanfaatkan platform digital. UMKM harus maju dan lebih melek teknologi agar dapat meningkatkan daya saing usaha sehingga masyarakat semakin mendukung produk UMKM dan pemulihan ekonomi nasional tercapai,” ucap orang nomor wahid di Kota Bengawan tersebut.

Inspirasi UMKM Sukses di Solo Lewat Tokopedia

Salah satu contoh pelaku UMKM di Solo yang sukses merasakan dampak positif setelah mengikuti beragam turunan inisiatif Hyperlocal Tokopedia adalah Kangensolo. Kangensolo adalah UMKM yang bergerak di bidang perdagangan camilan khas Kota Solo. 

Pendiri Kangensolo, Cyntia Andika Amarta, awalnya mendirikan Kangensolo karena kerinduannya pada kuliner khas kota asalnya, Solo. Cyntia lantas bergabung di Tokopedia pada awal 2020. Dengan modal tekun dan pantang menyerah, ia mulai berdagang beberapa jenis camilan.

“Sejak pandemi, banyak bermunculan UMKM rumahan yang memproduksi kuliner khas Solo seperti ampyang (gula kacang), geti wijen (kue wijen), dan intip (kerak nasi). Akhirnya, saya gandeng produsen-produsen tersebut dengan harapan bisa ikut memberdayakan mereka,” ungkapnya.

Baca Juga: 50 Pelaku UMKM di Salatiga Terima Sertifikat Tanah

Kini, Kangensolo mampu memiliki omzet belasan juta rupiah setiap bulan berkat Tokopedia. Bahkan, produk yang dihasilkan para produsen rumahan ia gandeng kini sudah merambah ke berbagai daerah di Indonesia, termasuk selama pandemi.

Dengan kisah inspiratif itu, membuktikan semangat Tokopedia dalam memajukan UMKM di Indonesia, termasuk di Solo. Selain inisiatif ini, Tokopedia juga rutin mengadakan Kelas Maju Digital setiap bulannya demi meningkatkan keterampilan usaha UMKM Solo. Para pelaku UMKM bisa mendapatkan pendampingan dan pembekalan dengan beragam topik terkait pengembangan usaha dan kompetensi kewirausahaan dari mentor UMKM lainnya.

Di samping mendorong tumbuh kembang UMKM Solo, Tokopedia juga berkolaborasi dengan Pemkot Solo dalam hal perpajakan negara, contohnya pembayaran PBB secara online. “Tokopedia mencatat adanya peningkatan transaksi PBB online di Solo sebesar hampir dua kali lipat selama 2021 dibandingkan 2020,” tutup Astri.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Menunggu Alien Tampil di Kota Solo

+ PLUS Menunggu Alien Tampil di Kota Solo

Band progresif metal asal Amerika Serikat, Dream Theater, dipastikan akan tampil pada konser di Kota Solo, Jawa Tengah. Ini adalah bagian tur di Asia yang hanya berlokasi di Indonesia dan Jepang.

Berita Terkini

Terus Tumbuh Berkelanjutan, Ini Sejumlah Aksi Korporasi Penting BRI

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI sebagai bank terbesar di Indonesia, akan terus fokus mewujudkan solusi keuangan yang terintegrasi untuk masyarakat.

3.000 Karyawan Holywings Dirumahkan, Wagub DKI Tawarkan Solusi Ini

Wakil Gubernur DKI Jakarta berjanji mencarikan solusi soal nasib sekitar 3.000 karyawan Holywings yang kini tidak bisa bekerja atau dirumahkan.

Giliran UBS Anjlok! Cek Harga Emas Pegadaian, Kamis 30 Juni 2022

Bagi yang ingin investasi, harga emas yang dijual di Pegadaian Kamis (30/6/2022) hari ini terpantau turun, baik untuk cetakan UBS, sedangkan cetakan Antam tidak berubah.

Pergerakan IHSG Diprediksi Menguat, Terdorong Faktor Eksternal?

Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan menguat pada perdagangan hari terakhir paruh pertama tahun 2022, Kamis (30/6/2022).

Simpanan Deposito Masih Laris, LPS: Ada Rp2.809 Triliun

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat simpanan deposito masih menjadi instrumen yang paling banyak berkontribusi per Mei 2022, yakni 37% dari total simpanan dengan nilai yang mencapai Rp2.809 triliun.

Tarif PPN 11 Persen Disebut Tingkatkan Kemiskinan, Ini Respons Menkeu

Kenaikan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dari 10 persen menjadi 11 persen akan berdampak pada masyarakat miskin sehingga berisiko menambah angka kemiskinan di Indonesia.

Holywings Ditutup, Manajemen Rumahkan 3.000 Karyawan

General Manager Project Company Holywings Yuli Setiawan mengungkapkan manajemen akan membayarkan kewajiban gaji karyawan secara penuh.

Cetak SDM Unggul, Perguruan Tinggi dan Sektor Usaha Harus Bersinergi

Untuk mencetak SDM unggung Perguruan Tinggi dan dunia usaha harus terus bersinergi.

Ikuti Hobi dan Naluri, Pewaris Bisnis Duniatex Ini Pilih Jadi Petani

Kesukaannya kepada buah melon mendorong Musa Hartono, 21, salah satu pewaris bisnis Duniatex Group, memilih jalur usaha yang berbeda yakni menjadi petani dan membudidayakan buah melon.

Bidik Kapitalisasi Rp13.000 Triliun, Begini Strategi Dirut Baru PT BEI

Setelah resmi ditunjuk, direksi baru PT Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2022-2026 telah mencanangkan sejumlah program dan target jangka panjang.

Hemat Tagihan Listrik, PLTS Pabrik Semen Gresik Berkapasitas 14,55 kWp

Solar panel system atau PLTS yang saat ini terpasang di atap gedung CCR Pabrik Rembang menggunakan topologi on grid solar panel system.

Izinnya Dicabut Terkait Promosi Miras, Apa Bisnis Holywings?

Bisnis Holywings tak lepas jadi sorotan menyusul kontroversi promo minuman keras (miras) berbau SARA.

Terjangkau! Segini Tarif Makan Sepuasnya Barbeque di Aston Solo Hotel

Lokasi Hulala BBQ ini cukup spesial karena berada di tepi kolam renang semi outdoor yang terletak di lantai 6 Aston Solo Hotel.

BRI Jalin Kerja Sama dengan DJP, Siap Implementasikan PSIAP

Melalui kerja sama dengan DJP Kemenkeu ini, BRI menjadi mitra perbankan yang ikut berpartisipasi dalam implementasi aplikasi PSIAP.

Setelah Diterjang Gelombang PHK, Begini Nasib Startup dan SiCepat

Startup edutech, Pahamify, mengumumkan pamit melalui akun Instagramnya, beberapa waktu setelah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawannya.