Kado Manis Ultah Solo, Omzet UMKM Naik 5 Kali Lipat Lewat Tokopedia

Menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-277, Tokopedia mencatat peningkatan penjualan UMKM Solo hingga lebih dari lima kali lipat. Ke depannya, peningkatan ini mampu mendorong pemulihan ekonomi nasional pascapandemi.

 Tampilan Tokopedia. (Bisnis)

SOLOPOS.COM - Tampilan Tokopedia. (Bisnis)

Solopos.com, SOLO – Kota Solo yang juga dikenal sebagai Kota Surakarta tepat berusia 277 tahun pada Kamis (17/2/2022). Di hari ulang tahun ke-277 ini, Kota Bengawan ini mendapatkan kado manis dari para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang mengikuti program dari Tokopedia.

Menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-277 Kota Solo, para pelaku UMKM di wilayah ini mengalami peningkatan transaksi yang signifikan. Ini berarti para pelaku UMKM juga berperan banyak dalam peningkatan geliat ekonomi di Kota Solo.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

UMKM yang mengalami peningkatan tersebut adalah mereka yang tergabung dalam Kumpulan Toko Pilihan (KTP) Solo dari Tokopedia. Program ini merupakan bagian dari inisiatif Hyperlocal

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni, menjelaskan para pelaku UMKM yang tergabung dalam KTP Solo Tokopedia mengalami peningkatan transaksi lima kali lipat selama kuartal IV 2021.

Baca Juga: Kredit UMKM Ditarget Rp1.800 Triliun, BRI Jadi Pemain Utama

“Selama kuartal IV/2021, UMKM Solo yang bergabung di kampanye Kumpulan Toko Pilihan [KTP] Solo Tokopedia—salah satu turunan inisiatif Hyperlocal—mengalami lonjakan transaksi hingga lebih dari lima kali lipat jika dibandingkan dengan yang belum mengikuti kampanye tersebut,” ujar Astri.

Astri menambahkan peningkatan transaksi itu sesuai dengan tujuan program KTP, yakni mendorong tren belanja online masyarakat. “Misalnya, kategori rumah tangga, kesehatan, fesyen, elektronik hingga makanan dan minuman menjadi beberapa kategori Tokopedia yang paling laris di Solo sepanjang 2021,” imbuh Astri.

Hyperlocal—program induk dari KTP—adalah program hasil kerja sama antara Tokopedia dan Pemkot Solo untuk membantu UMKM di wilayah yang dipimpin Gibran Rakabuming Raka ini dalam meningkatkan daya saing bisnis lewat teknologi. Hal itu pun mendapatkan apresiasi dari Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga: Jadi Booster Pemulihan Ekonomi, BRI Fokus Berdayakan UMKM dan UMi

“Kami mengapresiasi upaya Tokopedia yang konsisten mendukung Pemkot Solo dalam mendorong UMKM untuk memanfaatkan platform digital. UMKM harus maju dan lebih melek teknologi agar dapat meningkatkan daya saing usaha sehingga masyarakat semakin mendukung produk UMKM dan pemulihan ekonomi nasional tercapai,” ucap orang nomor wahid di Kota Bengawan tersebut.

Inspirasi UMKM Sukses di Solo Lewat Tokopedia

Salah satu contoh pelaku UMKM di Solo yang sukses merasakan dampak positif setelah mengikuti beragam turunan inisiatif Hyperlocal Tokopedia adalah Kangensolo. Kangensolo adalah UMKM yang bergerak di bidang perdagangan camilan khas Kota Solo. 

Pendiri Kangensolo, Cyntia Andika Amarta, awalnya mendirikan Kangensolo karena kerinduannya pada kuliner khas kota asalnya, Solo. Cyntia lantas bergabung di Tokopedia pada awal 2020. Dengan modal tekun dan pantang menyerah, ia mulai berdagang beberapa jenis camilan.

“Sejak pandemi, banyak bermunculan UMKM rumahan yang memproduksi kuliner khas Solo seperti ampyang (gula kacang), geti wijen (kue wijen), dan intip (kerak nasi). Akhirnya, saya gandeng produsen-produsen tersebut dengan harapan bisa ikut memberdayakan mereka,” ungkapnya.

Baca Juga: 50 Pelaku UMKM di Salatiga Terima Sertifikat Tanah

Kini, Kangensolo mampu memiliki omzet belasan juta rupiah setiap bulan berkat Tokopedia. Bahkan, produk yang dihasilkan para produsen rumahan ia gandeng kini sudah merambah ke berbagai daerah di Indonesia, termasuk selama pandemi.

Dengan kisah inspiratif itu, membuktikan semangat Tokopedia dalam memajukan UMKM di Indonesia, termasuk di Solo. Selain inisiatif ini, Tokopedia juga rutin mengadakan Kelas Maju Digital setiap bulannya demi meningkatkan keterampilan usaha UMKM Solo. Para pelaku UMKM bisa mendapatkan pendampingan dan pembekalan dengan beragam topik terkait pengembangan usaha dan kompetensi kewirausahaan dari mentor UMKM lainnya.

Di samping mendorong tumbuh kembang UMKM Solo, Tokopedia juga berkolaborasi dengan Pemkot Solo dalam hal perpajakan negara, contohnya pembayaran PBB secara online. “Tokopedia mencatat adanya peningkatan transaksi PBB online di Solo sebesar hampir dua kali lipat selama 2021 dibandingkan 2020,” tutup Astri.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Gempa Bumi di Laut Jawa Simpan Banyak Misteri yang Belum Terungkap

      + PLUS Gempa Bumi di Laut Jawa Simpan Banyak Misteri yang Belum Terungkap

      Gempa bumi dalam dan menengah yang biasa terjadi di Laut Jawa menyimpan banyak misteri yang belum terungkap dengan detail. Banyak teori yang membahas tentang fenomena gempa bumi dalam dan menengah.

      Berita Terkini

      Pergerakan IHSG Hari Ini Diprediksi Melemah Terbatas

      Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan melemah pada perdagangan Selasa (16/8/2022) hari ini.

      BRI Dukung Industri Kopi Indonesia Go International Lewat Acara Ini

      BRI berkomitmen untuk terus mendorong para stakeholder bersama-sama membangun industri kopi Indonesia.

      Jumlah Pengguna SPKLU di Solo Masih Minim, Ini Alasannya

      PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) UP3 Kota Solo, menyebutkan pemanfaatan layanan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di Kota Solo masih minim.

      Impor Baju Bekas Dilarang, Ini Alasan Penggemar Tetap Milih Thrift

      Sejumlah penggemar pakaian thrift di Kota Solo menilai, thrifting menjadi suatu hal yang menurut mereka cukup menyenangkan dan ramah kantong.

      Indonesia Disebut Masih Mengimpor Beras Khusus, Apa Itu?

      Meskipun Indonesia sudah tidak mengimpor beras selama 3 tahun, namun berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia masih mengimpor beras khusus hingga 2022.

      Menko Airlangga Beberkan Kunci Penting Pemulihan Ekonomi Indonesia

      Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,44 persen (yoy) pada Q2 tahun 2022.

      Cara Memilih Toko Bangunan Online Terpercaya Melalui Ukur.com

      Sesuai perkembangan zaman yang semakin modern, tentunya keberadaan toko bangunan bisa ditemukan dan didapatkan menggunakan media online. Salah satu marketplace terbaik yang bisa Anda pilih untuk membeli bahan-bahan bangunan yang berkualitas yaitu Ukur.com.

      Resmi Dibuka! Ini Cara dan Syarat Daftar Kartu Prakerja Gelombang 41

      Secara resmi, kabar pembukaan kartu prakerja gelombang 41 ini diumumkan langsung oleh akun Instagram resmi Kartu Prakerja @parakerja.go.id.

      Bela Pegawai yang Diancam Pencuri Cokelat, Begini Respons Alfamart

      Manajemen Alfamart menanggapi ancaman UU ITE yang diterima oleh salah satu pegawainya di gerai Alfamart Sampora, Tangerang Selatan.

      Berkat Tokopedia, Omzet 3 UMKM Lokal ini Melesat

      Di Hari UMKM Nasional, Tokopedia mengumumkan daerah dengan peningkatan penjualan paling banyak.

      IndiHome Meriahkan Perayaan HUT ke-77 RI di 2 Perumahan Solo

      IndiHome ikut memeriahkan perayaan HUT ke-77 RI di Kota Solo.

      3 Prinsip Dasar Sri Prakash Lohia Jadi Orang Terkaya ke-4 di Indonesia

      Dalam menjalankan bisnisnya, Sri Prakash Lohia memegang tiga prinsip dasar yang membawanya meraih kesuksesan hingga menjadi orang kaya keempat di Indonesia.

      AirAsia Belum Buka Pendaftaran Drivel Ojol di Indonesia, Ini Alasannya

      AirAsia Super App Indonesia memastikan belum membuka pendaftaran driver ojek online (ojol) di Indonesia, namun baru membuka di Malaysia.

      Harga Minyak Goreng Curah Terus Turun, Cek Pantauan Hari Ini

      Harga minyak goreng curah di wilayah Jawa-Bali sudah terpantau di bawah HET pada Jumat (13/8/2022).

      Catatkan Waktu Tercepat, Atjong Tio Juara Mandiri Jogja Marathon 2022

      Setelah sempat tertunda selama dua tahunAjang sport tourism tahunan Bank Mandiri bertajuk Mandiri Jogja Marathon (MJM) 2022 berhasil mencetak juara baru.