SOLOPOS.COM - Pengunjung menjajal objek wisata yang mulai dibuka pada Minggu (20/12/2020), Tawangmangu Wonder Park, di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. (Solopos/Sri Sumi Handayani)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Kadisparpora) Karanganyar, Titis Sri Jawoto, merilis video klarifikasi terkait berbagai isu mengenai objek wisata termasuk soal rapid test di Tawangmangu, Jumat (25/12/2020).

Dalam video tersebut, Titis menyatakan objek wisata Karanganyar aman karena pengelola menjamin penerapan protokol kesehatan Covid-19. Titis mempersilakan masyarakat berwisata ke sejumlah kawasan wisata Kabupaten Karanganyar selama libur Natal dan Tahun Baru ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pemkab Karanganyar menjamin pengelola objek wisata, hotel dan penginapan, pusat kuliner, dan lain-lain menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Pernyataan Titis itu sekaligus untuk menjawab keraguan masyarakat yang hendak liburan akhir tahun ke sejumlah kawasan Karanganyar. Titis juga menjawab isu soal wajib rapid test bagi pengunjung objek wisata Karanganyar.

3 Orang Meninggal, Kebakaran Indekos Gembongan Kartasura Diduga Karena Mesin Motor Dipanasi

"Banyak grup Whatsapp atau bahkan ada yang mengirim pesan secara pribadi kepada saya. Soal banyak hal. Apakah pengunjung akan di-rapid, wajib bawa hasil rapid, atau objek wisata tutup. Perlu kami jelaskan, silakan piknik ke Karanganyar. Di sini aman," kata Titis kepada Solopos.com melalui telepon, Jumat (25/12/2020).

Satgas Covid-19 Mandiri

Titis mengakui membuat video berisi pernyataannya terkait kondisi kawasan wisata Karanganyar selama pandemi Covid-19. Dalam video itu, Titis memastikan pelaku wisata Karanganyar memastikan pengunjung aman dengan membentuk satgas mandiri Covid-19. Pembuatan satgas bukan untuk menakut-takuti pengunjung, tetapi untuk memastikan pengunjung aman dan nyaman.

Kebakaran Indekos Gembongan Kartasura, Begini Posisi 3 Korban Meninggal Saat Kejadian

"Saya dari Disparpora Karanganyar menegaskan kegiatan pariwisata Karanganyar, ada Tawangmangu, Ngargoyoso, Colomadu, Karangpandan, Matesih, dan lain-lain. Semua berjalan dengan normal. Namun tetapn dengan menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Selalu pakai masker, jaga jarak, tidak berkerumun, dan cuci tangan menggunakan sabun maupun hand sanitizer," ujar Titis dalam videonya.

Video berisi klarisikasi berbagai isu seputar objek wisata Karanganyar termasuk rapid test itu Titis bust saat berada dalam mobil. Titis mengenakan topi cokelat dan baju dengan warna senada.

Pada videonya, Titis juga menegaskan Pemkab tidak menerapkan kebijakan khusus terkait rapid tes antigen atau swab antigen. Tetapi, ia memperingatkan masyarakat agar mematuhi aturan main selama berkunjung ke Karanganyar.

2 Korban Meninggal Dalam Kebakaran Gembongan Kartasura Baru Sehari Indekos

"Tidak ada kebijakan khusus terutama rapid test di kawasan wisata Karanganyar. Tapi itu tadi, menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Untuk menjaga pengunjung nyaman dan aman di tempat wisata kami bentuk satgas mandiri Covid-19. Bukan untuk menakuti tapi untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung," jelasnya.

Aman dan Nyaman

Tugas satgas mandiri Covid-19 adalah mengingatkan pengunjung yang lupa tidak mengenakan masker, berkerumun, dan lain-lain yang dinilai melanggar protokol kesehatan. Satgas mandiri juga menegur karyawan yang melanggar protokol kesehatan.

Pada akhir video, Titis mengajak masyarakat berwisata aman dan nyaman. "Jadi, ayo berkunjung ke Karanganyar. Ada Tawangmangu, Ngargoyoso, dan lain-lain. Untuk meningkatkan imunitas. Tetapi tetap menjaga protokol kesehatan. Salam sehat selalu."

Kebakaran Indekos Gembongan, 4 Sepeda Motor Dibawa Ke Polsek Kartasura

Titis mengakui kunjungan ke kawasan wisata Karanganyar selama libur Natal dan Tahun Baru ini terdampak informasi kurang tepat yang beredar secara berantai termasuk soal rapid test.

Titis menyebut masyarakat membatalkan pemesanan hotel dan penginapan. "Perlu kami jelaskan. Piknik di sini [Karanganyar] aman kok malah ora sida. Jadi kami tegaskan di kawasan wisata Karanganyar tidak ada rapid test. Tetapi, prokes harus diterapkan dengan baik. Itu saya kira. Apalagi wisata di Karanganyar itu wisata alam jadi aman," ungkap Titis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya